Loading...
SAINS
Penulis: Martahan Lumban Gaol 16:44 WIB | Selasa, 05 Mei 2015

Cegah Kecurangan UN, Kemendikbud Akan Buat Indeks Integritas

Para peserta didik binaan Sekolah Master Depok saat mengikuti UN Paket C yang digelar di ruang kelas gedung Lapas Pondok Rajeg, Cibinong, Jawa Barat.. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya menekan tingkat kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan ujian nasional (UN). Salah satu caranya, kementerian pimpinan Anies Baswedan itu berencana membuat indeks integritas UN pada semua jenjang pendidikan SMP hingga SMA.

"Kalau kita mau membereskan angka kecurangan pada UN, kita harus membuat indeks integritas UN," kata Mendikbud Anies Baswedan, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (5/5).

Menurut dia dengan adanya indeks integritas UN, maka ‎kecurangan yang terjadi di sekolah bisa terdeteksi. Sebab, pola kecurangan yang dilakukan tidak bisa ditutupi, misalnya terjadi di kelas atau sekolah yang sama, dan dengan tingkat jawaban yang sama.

"Dari situ kita tahu dari mana ada bocoran, bukan sekadar gosip," kata Anies.

Mendikbud menjelaskan, instrumen yang akan digunakan dalam indeks integritas UN berasal dari Kemendikbud. Sementara untuk waktu pengumumannya akan dilakukan setelah berakhirnya pelaksanaan UN tingkat SMP.

"Selama ini kalau ada kebocoran, sekolahnya diam, seolah-olah tidak tahu. Sekarang kita tidak mendiamkan, sekolah akan keluar indeksnya, malu lho bersama mengerjakan ujian nasional," ujar dia.‎

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home