Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:07 WIB | Jumat, 22 Januari 2021

China: 15 Hari Lagi untuk Evakuasi Pekerja Tambang Yang Terperangkap

Lobang untuk rute evakuasi di tambang emas itu tersumbat material seberat 70 ton.
China: 15 Hari Lagi untuk Evakuasi Pekerja Tambang Yang Terperangkap
Tim SAR mengebor untuk membuat lobang yang bisa menjangkau pekerja tambang yang tersebak. (Foto: DW)
China: 15 Hari Lagi untuk Evakuasi Pekerja Tambang Yang Terperangkap
Penjaga keamanan mengawasi kenadaraan yang masuk di kawasan tambah. (Foto: Reuters)

QIXIA, SATUHARAPAN.COM-Pekerja yang terperangkap di tambang emas di China sejak 10 Januari mungkin harus menunggu 15 hari lagi sebelum mereka dapat diselamatkan, karena penyumbatan pada rute evakuasi yang mereka inginkan, kata para pejabat pada hari Kamis (21/1).

Sebanyak 22 pekerja terperangkap di bawah tanah setelah ledakan di tambang Hushan di Qixia, daerah penghasil emas utama di bawah administrasi Yantai di Provinsi Shandong di pantai timur laut.

Satu orang dipastikan telah meninggal, sementara 11 lainnya diketahui masih hidup, dan10 orang lainnya hilang.

Tim penyelamat sedang mengebor lubang baru pada hari Kamis untuk menjangkau 10 orang di bagian tengah tambang, lebih dari 600 meter dari pintu masuk. Mereka telah dikirimi makanan dan persediaan medis. Korban lainnya telah ditemukan di bagian yang berbeda.

Poros tersebut termasuk satu poros berdiameter 711 mm (28 inci) yang diharapkan dapat digunakan oleh penyelamat untuk membawa korban selamat ke tempat yang aman.

Namun, setidaknya 15 hari lagi mungkin diperlukan untuk membersihkan rintangan, kata Gong Haitao, wakil kepala departemen propaganda Yantai, mengatakan pada konferensi pers di markas besar operasi penyelamatan.

Sebuah "penyumbatan parah" 350 meter jauh lebih buruk daripada yang dikhawatirkan, kata para pejabat, menambahkan bahwa itu tebalnya sekitar 100 meter dan beratnya sekitar 70 ton.

Polisi telah menutup jalan menuju tambang, memotong kebun apel dan gudang berlumpur, untuk memastikan upaya penyelamatan tidak terhambat. Petugas kesehatan dengan perlengkapan pelindung berwarna putih mengukur suhu di samping gundukan tanah dan tenda sebagai bagian dari tindakan pencegahan COVID-19.

Sekitar 600 orang terlibat dalam penyelamatan, dengan sebanyak 25 ambulans menunggu di tempat kejadian, serta ahli bedah saraf, spesialis trauma, dan psikolog. Tim Reuters melihat truk pemadam kebakaran dan mobil datang dan pergi melalui pos pemeriksaan di jalan menuju tambang.

Tambang China termasuk yang paling mematikan di dunia, dan telah mencatat 573 kematian terkait ranjau pada tahun 2020, menurut Administrasi Keselamatan Tambang Nasional. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home