Google+
Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 07:28 WIB | Selasa, 07 Juli 2020

China Ancam Inggris Jika Tak Izinkan Huawei

Duta Besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming. (Foto: AFP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Inggris harus menanggung konsekuensinya jika memperlakukan China sebagai negara yang bermusuhan ketika memutuskan apakah akan mengizinkan Huawei untuk terlibat dalam jaringan telekomunikasi negara itu, kata duta besar China untuk Inggris, hari Senin (6/7).

“Kami ingin menjadi teman Anda. Kami ingin menjadi mitra Anda. Tetapi jika Anda ingin menjadikan China negara yang bermusuhan, Anda harus menanggung konsekuensinya,” kata kata Dubes China untuk Inggris, Liu Xiaoming kepada wartawan, dikutip Reuters.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengatakan pekan lalu bahwa dia akan melanjutkan dengan hati-hati dalam membuat keputusan tentang Huawei, karena pemerintah tidak ingin infrastruktur kritis dikontrol oleh "vendor negara yang berpotensi bermusuhan."

Inggris sendiri dalam hubungan yang rentan dengan China terkait diberlakukannya undang-undang keamanan nasional China untuk Hong Kong (bekas koloni Inggris) yang dikritik Inggris dan negara Barat lainnya. Inggris bahkan menawarkan orang Hong Kong untuk menjadi warga negara.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home