Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:35 WIB | Jumat, 14 Februari 2020

China Kembangkan Terapi Plasma Konvalesen untuk Pasien COVID-19

Para anggota staf bekerja di sebuah laboratorium di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 13 Februari 2020. (Foto: Antara/Xinhua/Xiong Qi)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – China telah mengembangkan plasma konvalesen (pemulihan), untuk mengobati pasien yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19), demikian menurut China National Biotec Group.

Perusahaan tersebut mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan plasma dari beberapa pasien yang telah dinyatakan sembuh untuk menyiapkan produk terapeutik, termasuk plasma konvalesen dan imunoglobulin (antibodi).

Setelah tesbiosafety (keselamatan biologi) darah yang ketat, tes inaktivasi virus dan aktivitas antivirus, mereka berhasil mengembangkan plasma konvalesen untuk perawatan klinis, dan telah memakainya untuk mengobati pasien yang kondisinya sangat kritis.

Selain itu, perusahaan tersebut telah membentuk tim untuk menggunakan peralatan khusus guna mengumpulkan plasma dari para pasien yang telah dinyatakan sembuh di Wuhan sejak 20 Januari.

Tiga pasien kritis di sebuah rumah sakit di Distrik Jiangxia, Wuhan, menerima pengobatan plasma konvalesen pada 8 Februari. Saat ini, lebih dari 10 pasien yang kondisinya kritis telah menerima pengobatan tersebut, kata perusahaan itu.

Menurut hasil klinis, 12 hingga 24 jam setelah pasien menerima pengobatan, mereka menunjukkan gejala klinis yang membaik, dengan indeks inflamasi (peradangan) utama menurun secara signifikan, dan beberapa indeks kunci seperti saturasi oksigen darah meningkat secara komprehensif. (Xinhua/Ant)

 

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home