Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 08:08 WIB | Rabu, 14 Oktober 2020

China Marah atas Penyataan K-Pop BTS tentang Perang Korea

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, ketiga dari kiri, menerima hadiah dari anggota grup K-Pop Korea Selatan BTS dalam upacara yang menandai Hari Pemuda Nasional di Blue House kepresidenan di Seoul, Korea Selatan, Sabtu (19/9/2020). (Foto: Yonhap)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Kaum nasionalis China meledak dalam kemarahan pada boy band asal Korea Selatan, BTS, setelah pemimpinnya berterima kasih kepada para veteran perang Korea atas pengorbanan mereka.

Penyanyi, yang dipanggil RM, membuat pernyataan itu dalam rekaman pidato penerimaan untuk penghargaan dari Masyarakat Korea karena mempromosikan hubungan Amerika Serikat dan Korea.

"Kami akan selalu mengingat sejarah rasa sakit yang dialami oleh kedua negara kami bersama dan pengorbanan banyak pria dan wanita," kata RM dalam pidatonya, yang tidak menyebutkan China.

“Setelah 70 tahun, dunia yang kita tinggali jauh lebih dekat dari sebelumnya. Batasan dalam banyak aspek semakin kabur,” kata RM. “Sebagai anggota komunitas global, kita harus membangun pemahaman yang lebih dalam dan solidaritas untuk menjadi lebih bahagia bersama.”

Pengguna internet China dan media pemerintah menganggap komentar RM sebagai tamparan terhadap China, yang tentaranya bertempur bersama pasukan Korea Utara selama upaya mereka yang gagal untuk mencaplok Korea Selatan dalam perang tahun 1950-53.

Mereka menuduh RM mengabaikan peran yang dimainkan oleh China dalam perang, yang disalahkan oleh propaganda Partai Komunis China di Amerika Serikat, alih-alih serangan pemimpin Korea Utara Kim Il Sung di Korea Selatan.

Serangan pada Yang Tidak Disukai

Sebuah akun berjudul "BTS Insults China" telah dilihat lebih dari 4,5 juta kali, menurut Sina Weibo. “Banyak netizen China menunjukkan bahwa pidato tersebut ditujukan kepada netizen AS, tetapi negara memainkan peran sebagai agresor dalam perang,” kata sebuah artikel di surat kabar Global Times, yang dikendalikan oleh Partai Komunis China.

Serangan tersebut mencerminkan ketegasan Beijing di luar negeri dan kepekaan China yang abadi terhadap Semenanjung Korea.

Ditanya tentang kontroversi tersebut, juru bicara kementerian luar negeri China, Zhao Lijian, berkata, "Apa yang ingin saya katakan adalah bahwa itu harus menjadi tujuan bersama kita untuk mengambil sejarah sebagai cermin, menghadapi masa depan, menghargai perdamaian dan mempromosikan persahabatan."

Partai yang berkuasa menggunakan media yang sepenuhnya dikendalikan negara untuk memicu kemarahan terhadap perusahaan asing, selebriti, atau pemerintah yang mengambil langkah yang tidak disukai Beijing.

Tahun lalu, televisi pemerintah China menangguhkan siaran pertandingan asosiasi national basket AS (NBA) setelah manajer umum Houston Rockets menyatakan dukungannya untuk pengunjuk rasa anti pemerintah di Hong Kong.

Pada 2017, Beijing menghancurkan bisnis pengecer Korea Selatan, Lotte, di China setelah perusahaan tersebut menjual tanah kepada pemerintah Korea Selatan untuk memasang sistem anti rudal yang ditentang oleh para pemimpin China. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home