Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 00:09 WIB | Rabu, 30 Desember 2020

China Vonis Empat Tahun penjara Jurnalis Warga Yang Beritakan Pandemi

Jurnalis warga, Zhang Zhan, divonis penjara empat tahun karena menyiarkan secara langsung situasi pandemic di kota Wuhan, China. (Foto: dok. Ist.)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Seorang jurnalis warga China dipenjara selama empat tahun karena liputan siaran langsungnya dari Wuhan ketika wabah COVID-19 menyebar, kata pengacaranya pada Senin (28/12), hampir setahun setelah "virus pneumonia yang belum diketahui" muncul di pusat kota China itu.

Zhang Zhan, seorang mantan pengacara, dijatuhi hukuman pada sidang singkat di pengadilan Shanghai karena dituduh "memicu pertengkaran dan memprovokasi masalah" karena laporannya di tahap awal wabah yang kacau.

Laporan langsung dan esainya dibagikan secara luas di platform media sosial pada bulan Februari, menarik perhatian pihak berwenang, yang telah menghukum delapan pelapor virus dan menuntut mereka menghilangkan kritik terhadap tanggapan pemerintah terhadap wabah tersebut.

Beijing berbangga kepada dirinya sendiri atas keberhasilan "luar biasa" dalam mengendalikan virus di dalam perbatasannya, dengan ekonomi yang sedang pulih sementara sebagian besar dunia lainnya gagap melalui penguncian yang menyakitkan dan beban kasus yang melonjak setahun sejak awal pandemi di Wuhan.

Untuk Menakut-nakuti

Mengontrol aliran informasi selama krisis kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya sangat penting dalam memungkinkan otoritas komunis China untuk mengubah narasi demi kepentingan mereka.

Tapi itu harus dibayar dengan biaya serius bagi siapa pun yang mengambil peluangf menyebarkan cerita itu. “Zhang Zhan tampak hancur ketika hukuman diumumkan,” kata Ren Quanniu, salah satu pengacara Zhang, kepada wartawan yang mengonfirmasi hukuman penjara empat tahun di luar Pengadilan Rakyat Distrik Baru Shanghai Pudong pada Senin pagi.

Ibunya terisak-isak saat putusan dibacakan, tambah Ren. Otoritas komunis China memiliki sejarah mengadili para pembangkang di pengadilan yang tidak jelas antara Natal dan Tahun Baru untuk meminimalkan pengawasan Barat.

Uji coba dilakukan hanya beberapa pekan sebelum tim internasional ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diharapkan tiba di China untuk menyelidiki asal-usul COVID-19.

Zhang mengkritik tanggapan awal di Wuhan, menulis dalam esai bulan Februari bahwa pemerintah "tidak memberikan cukup informasi kepada orang, kemudian hanya mengunci kota".

“Ini adalah pelanggaran hak asasi manusia yang besar,” tulisnya. Pengadilan mengatakan dia telah menyebarkan "komentar palsu" secara online, menurut Zhang Keke.

Kelompok hak asasi manusia juga memperhatikan kasusnya. Pihak berwenang "ingin menggunakan kasusnya sebagai contoh untuk menakut-nakuti para pembangkang lain agar tidak mengajukan pertanyaan tentang situasi pandemi di Wuhan awal tahun ini", kata Leo Lan, konsultan penelitian dan advokasi di LSM Pembela Hak Asasi Manusia China.

Zhang adalah orang pertama yang menghadapi persidangan terhadap sekelompok empat jurnalis warga yang ditahan oleh pihak berwenang awal tahun ini setelah melaporkan dari Wuhan. Upaya AFP sebelumnya untuk menghubungi tiga lainnya, Chen Qiushi, Fang Bin dan Li Zehua, belum berhasil. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home