Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 13:15 WIB | Jumat, 12 Februari 2016

Christine Lagarde Kandidat Tunggal Kepala IMF

Christine Lagarde. (Foto: techmoran.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Dana Moneter Internasional (IMF), hari Kamis (11/2), mengatakan bahwa direktur pelaksananya, Christine Lagarde, adalah satu-satunya kandidat untuk periode masa jabatan baru yang dimulai pada Juli.

Ditunjuk sebagai kepala IMF pada Juli 2011 selama lima tahun, Lagarde secara resmi mengikuti pencalonan periode keduanya pada 22 Januari. Dia menerima sejumlah ungkapan dukungan dari beberapa pejabat di Eropa, AS dan Amerika Latin.

Sebagai satu-satunya kandidat, Lagarde (60) hampir dipastikan akan menduduki masa jabatan kedua. Dewan eksekutif IMF diperkirakan akan menunjuk direktur pelaksana selanjutnya itu pada 3 Maret.

Pada 2011, Lagarde, yang merupakan mantan menteri keuangan Prancis, dengan mudah memenangkan persaingan dengan beberapa kandidat dari negara berkembang dan mengambil alih IMF saat Eropa tergelincir ke dalam krisis ekonomi.

Namun, kemenangannya terjadi di tengah kritikan bahwa jabatan tertinggi IMF itu seharusnya tidak diperuntukkan kepada orang-orang Eropa saja, seperti yang sudah berlangsung sejak pendiriannya pada 1944. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home