Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:59 WIB | Senin, 04 Agustus 2014

Christine Sinclair Semangati Pesepak Bola Putri U-20 Kanada

Christine Sinclair, pesepak bola putri Kanada. (Foto: torontosun.com).

TORONTO, SATUHARAPAN.COM – Pesepak bola putri Kanada, Christine Sinclair, menyemangati juniornya yang akan berlaga pada Piala Dunia Putri usia di bawah 20 tahun (U-20) di Kanada. Pada laman resmi FIFA, Minggu (3/8) Sinclair menceritakan terlebih dahulu perjuangannya saat membela tim nasional putri U-20 Kanada di partai final menghadapi gadis-gadis Amerika Serikat.

“Saya mengingatnya sebagai pengalaman luar biasa, dan kenangan itu akan selalu ada di hati saya. Kami bermain maksimal selama turnamen berlangsung, dan seluruh rakyat Kanada jatuh cinta kepada tim kami,” kata Christine.

Pada partai puncak Kanada takluk dengan skor 0-1 atas gadis-gadis Negeri Paman Sam. Saat itu Kanada juga bertindak selaku tuan rumah.

Sinclair yang saat itu menjelang 19 tahun, bermain agresif di turnamen yang diagendakan FIFA dan diperuntukkan bagi pesepak bola putri usia muda tersebut. Dia mampu meraih penghargaan Golden Shoe dan Golden Ball karena menjadi pencetak gol terbanyak, dengan sepuluh gol.

Setahun kemudian perempuan yang kini menginjak usia 31 tahun itu berpartisipasi pada Piala Dunia Putri usia senior bagi tim Kanada.

Sejauh ini Sinclair bersama tim sepak bola putri Kanada telah memenangkan penghargaan individual, antara lain enam kali sebagai nominator Pesepak Bola Putri Terbaik dari FIFA (2005, 2006, 2007, 2008, 2010, dan 2012), yang dia raih karena FIFA menilai dia termasuk salah satu pesepak bola putri senior yang meroket sejak Piala Dunia Putri 2003 (di Amerika Serikat), 2007 (di Tiongkok), dan 2011 (di Jerman). Selain itu dia juga membela negara dengan bendera bergambar daun mapple itu pada cabang olah raga sepak bola putri di Olimpiade 2008 dan 2012.   

“Saya pikir dengan penunjukan Kanada sebagai tuan rumah menggambarkan saat ini sepak bola putri bergairah di negeri ini. Saya yakin Anda akan melihat itu lagi selama beberapa minggu ke depan,” lanjut pesepak bola yang bermain di klub Portland Hawks, Kanada ini.

Sinclair pernah memenangkan penghargaan Lou Marsh pada 2012, yakni penghargaan bagi atlet terbaik tahun itu. Pada saat bersamaan dia juga menerima penghargaan Bobbie Rosenfeld sebagai atlet putri terbaik Kanada.

Sinclair mengaku beruntung karena kegemilangannya di Piala Dunia Putri U-20 saat itu mengantarnya langsung “naik pangkat” memperkuat tim senior.

“Turnamen ini bisa begitu penting bagi pemain yang terlibat, karena pelatih dan federasi sepak bola akan terus memonitor permainan Anda,” lanjut Sinclair.

“Ketika saya melihat beberapa pemain muda, membuat saya yakin masa depan sepak bola putri Kanada ini sangat cerah. Saya lihat itu pada Kadeisha Buchanan dan Jessie Fleming (dua pesepak bola putri Kanada, Red) dan yang lainnya, Anda sedang berbicara tentang pemain yang begitu muda dan sangat berbakat,” tambah Sinclair sembari membandingkan materi tim sepak bola putri Kanada pada awal kariernya dan kini.

Tim Kanada akan mengawali kiprah di Piala Dunia Putri U-20 pada Rabu (6/8) dini hari menghadapi Ghana.

Jadwal Lengkap Penyisihan Grup Piala Dunia Putri U-20

Rabu  (6/8) dini hari:

Grup B: Jerman vs Amerika Serikat, Tiongkok vs Brasil.

Grup A: Finlandia vs Korea Utara, Kanada vs Ghana.

Kamis (7/8) dini hari:

Grup C: Inggris vs Korea Selatan, Meksiko vs Nigeria.

Grup D: Prancis vs Kosta Rika, Selandia Baru vs Paraguay

Sabtu (9/8) dini hari:

Grup A: Ghana vs Korea Utara, Grup A: Kanada vs Finlandia.

Grup B: Jerman vs Tiongkok, Brasil vs Amerika Serikat.

Minggu (10/8) dini hari:

Grup C: Inggris vs Meksiko, Korea Selatan vs Nigeria.

Grup D: Selandia Baru vs Prancis, Paraguay vs Kosta Rika

Rabu (13/8) dini hari:

Grup B: Brasil vs Jerman, Tiongkok vs Amerika Serikat.

Grup A: Korea Utara vs Kanada, Ghana vs Finlandia.

Kamis (14/8) dini hari:

Grup D: Paraguay vs Prancis, Selandia Baru vs Kosta Rika

Grup C: Nigeria vs Inggris, Meksiko vs Korea Selatan. (fifa.com/wikipedia.org).

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home