Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:30 WIB | Minggu, 05 Juli 2015

Cile Juara Piala Amerika untuk Pertama Kali

Cile Juara Piala Amerika untuk Pertama Kali
Lionel Messi (kanan, Argentina) ditempel ketat oleh Marcelo Diaz (Cile, kiri). (Foto-foto: fifa.com).
Cile Juara Piala Amerika untuk Pertama Kali
Pemain Argentina, Javier Pastore (tengah) lolos dari kawalan Alexis Sanchez (kiri), dan Jorge Valdivia (kanan).

SANTIAGO, SATUHARAPAN.COM – Cile resmi menjadi juara Piala Amerika 2015 setelah mengandaskan Argentina dengan skor 4-1 lewat adu penalti pada laga yang berlangsung Minggu (5/7) pagi WIB di Stadion Nasional Julio Martinez Pradanos, Santiago, Cile.

Cile dan Argentina harus mengakhiri laga dengan adu penalti sebab selama 90 menit laga berlangsung tanpa gol, kemudian setelah ada tambahan waktu 30 menit tetap tidak ada gol tercipta. Saat adu penalti keempat eksekutor Cile – Matias  Fernandez, Arturo Vidal, Carlos Aranguiz, dan Alexis Sanchez – sukses menjebol gawang Argentina, di sisi lain Argentina hanya berhasil melesakkan satu gol lewat eksekusi Lionel Messi.

Cile menjadi juara Piala Amerika untuk pertama kalinya, sebelumnya menurut catatan wikipedia.org mereka pernah empat kali hadir di partai final pada – 1955, 1956, 1979, dan 1987 – namun hanya sebagai peringkat kedua.

Cile meraih kesempatan mencetak gol menit ke-32 saat Alexis Sanchez menggapai bola hasil operan rekannya, Francisco Silva. Bola yang sempat digiring Alexis kemudian tidak lama dia berikan ke Jean Beausejour, walau dia dikawal gelandang Argentina – Lucas Biglia – namun bola berhasil mengalir ke Jorge Valdivia yang memberi bola silang ke  depan mulut gawang Argentina, namun bola tersebut berhasil dihalau bek Argentina – Marcos  Rojo.

Dua menit kemudian Argentina yang di periode menit ke-35 sampai dengan ke-40 sulit keluar dari tekanan, namun di sisi lain  Cile kesulitan melakukan serangan dan hanya mencoba tendangan jarak jauh seperti bola yang dilepaskan Arturo Vidal menit ke-38, namun masih jauh dari sasaran.

Menjelang babak pertama selesai para pemain Argentina sempat protes karena Lionel Messi dijatuhkan salah satu pemain Cile, namun wasit yang memimpin pertandingan – Walter Rodan – tidak menyatakan hal tersebut sebagai pelanggaran.

Cile nyaris saja unggul menit ke-52 andai bola silang Jorge Valdivia ke kotak penalti Argentina menemui penyerang Cile yangbermain di Arsenal, Alexis Sanchez. Alur bola dipotong dengan mudah oleh salah satu bek Argentina, Nicolas Otamendi.

Hingga 90 menit waktu pertandingan tidak ada gol tercipta, sehingga diteruskan 30 menit waktu tambahan. Di waktu tambahan sempat terjadi peluang mencetak gol menit ke-115 saat Arturo Vidal namun bola yang dia tendang jauh dari sasaran.

Susunan Pemain:

Cile:   Claudio Bravo,  Mauricio Isla,  Francisco Silva,  Gary Medel,  Jean Beausejour,  Marcelo Díaz,  Charles Aránguiz,  Arturo Vidal,  Jorge Valdivia,  Eduardo Vargas,  Alexis Sánchez.

Argentina:  Sergio Romero, Pablo Zabaleta,  Martín Demichelis,  Nicolás Otamendi,  Marcos Rojo,  Javier Mascherano,  Javier Pastore,  Lucas Biglia,  Lionel Messi,  Ángel Di María,  Sergio Aguero.

 

Daftar Juara Piala Amerika 20 Tahun Terakhir

1989 Juara: Brasil, Runner-up: Uruguay.

1991 Juara: Argentina, Runner-up: Brasil.

1993 Juara: Argentina, Runner-up: Meksiko.

1995 Juara: Uruguay, Runner-up : Brasil

1997 Juara: Brasil Runner-up: Bolivia.

1999 Juara: Brasil, Runner-up: Uruguay.

2001 Juara: Kolombia, Runner-up: Meksiko.

2004 Juara: Brasil, Runner-up: Argentina.

2007 Juara: Brasil, Runner-up: Argentina.

2011 Juara: Uruguay Runner-up: Paraguay.     (eurosport.com/ca2015.com/wikipedia.org)

Ikuti berita kami di Facebook

Ikuti berita kami di Facebook

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home