Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:45 WIB | Selasa, 30 Juni 2015

Cile Lolos ke Final Piala Amerika 2015, Jungkalkan Peru 2-1

Paulo Guerrero (Peru, kaus putih) berebut bola di udara dengan gelandang Cile, Arturo Vidal. (kaus merah). (Foto: fifa.com).

SANTIAGO, SATUHARAPAN.COM – Cile lolos ke final Copa America (Piala Amerika) 2015 karena berhasil mengalahkan Peru dengan skor 2-1 pada pertandingan semi final yang berlangsung di Stadion Nasional Julio Martinez Pradanos, Santiago, Cile, Selasa (30/6) pagi WIB.

Pada pertandingan final – yang akan berlangsung Minggu (5/7) di Stadion Nasional Julio Martinez Pradanos, Santiago, Cile – akan menghadapi pemenang antara Argentina dan Paraguay.

Menurut eurosport.com, pada awalnya  pertandingan kedua kesebelasan sebenarnya berlangsung berimbang, akan tetapi Peru mendapat sial karena menit ke-22, Carlos Zambrano yang hendak menghalau bola serangan dari Cile, melakukan pelanggaran keras terhadap salah satu gelandang Cile, Charles Aranguiz.

Luis Advincula menit ke-28 menyelamatkan barisan pertahanan Peru dari kebobolan, karena dia memotong bola dari gelandang Cile, Arturo Vidal di depan mulut gawang, bola tersebut hampir saja tepat mengarah ke Charles Aranguiz namun masih gagal menjebol gawang Peru.

Kebuntuan serangan Cile yang bertubi-tubi terpecahkan di menit ke-42. Gol bermula saat salah satu penyerang andalannya, Alexis Sanchez berusaha mengirim bola silang ke mulut gawang Peru yang langsung disambut Eduardo Vargas. Bola tendangan Vargas gagal diamankan kiper Peru, Pedro Gallese.

Pada babak kedua Peru menyamakan kedudukan di menit ke-53 yang dicetak Cristian Cueva. Akan tetapi kedudukan imbang tidak berlangsung lama karena Cile meraih gol kemenangan pada menit ke-64 lewat Eduardo Vargas.

Hingga pertandingan berakhir kedua kesebelasan tidak berhasil menambah gol, sehingga Cile lolos ke final Piala Amerika.

Perjalanan ke Final

Perjalanan Cile lolos ke final bukan melalui jalan mudah, karena sebelumnya di  penyisihan grup A Cile harus mengalahkan Ekuador dengan skor 2-0 pada Jumat (12/6), kemudian bermain imbang dengan Meksiko dengan skor 3-3 pada Selasa (16/6), sebelum mengakhiri pertandingan penyisihan Grup A dengan mengalahkan Bolivia dengan skor telak 5-0. Saat partai perempat final, Cile menang tipis 1-0 atas Uruguay pada pertandingan yang berlangsung Kamis (25/6).

Susunan Pemain:

Cile: Claudio Bravo,  Mauricio Isla,  Gary Medel,  Jose Rojas,  Miiko Albornoz,  Marcelo Díaz,  Arturo Vidal,  Charles Aránguiz,  Alexis Sánchez,  Jorge Valdivia,  Eduardo Vargas.

Peru: Pedro Gallese, Luis Advincula, Carlos Ascues, Carlos Zambrano, Juan Vargas, Carlos Lobaton,  Joel Sanchez,  Josepmir Ballon, Christian Cueva, Paolo Guerrero,  Claudio Pizarro. (eurosport.com/fifa.com).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home