Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yoel M Indrasmoro 01:00 WIB | Sabtu, 24 September 2016

Cinta Uang

”Cinta akan uanglah yang membuat Yudas mengkhianati gurunya!” (Bunda Teresa)
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. (1Tim. 6:9-10). Apa yang hendak dikatakan Paulus di sini?

Pertama, uang atau kekayaan bersifat netral pada dirinya sendiri. Tetapi, menjadi tidak netral, malah berbahaya, tatkala uang menjadi tuan atas diri kita. Tak salah menjadi kaya, tetapi menjadi masalah tatkala kekayaan itu malah membuat kita terikat, bahkan bergantung total, kepadanya.

Serikat Yesuit mempunyai istilah yang bagus untuk hal ini: kelekatan. Kelekatan pada sesuatu akan membuat seseorang menjadi jauh dari Tuhan. Itulah yang ditekankan Paulus: ”Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman”.

Ingatlah kisah Yudas Iskariot. Bunda Teresa pernah berkata, ”Cinta akan uanglah yang membuat Yudas mengkhianati gurunya!”

Kedua, uang bukan sumber hidup kita! Orang kadang berpikir tak bisa hidup tanpa uang. Benarkah orang tak bisa hidup tanpa uang? Apakah Saudara pernah kehausan di puncak gunung? Di sana uang tak ada artinya.

Ketiga, uang hanya alat, bukan tujuan. Uang hanyalah sarana. Oleh karena itu, kita perlu mengelolanya, menguasainya, dan bukan sebaliknya. Nah, ini persoalannya, kadang orang berpikir bahwa dia menguasai harta, tetapi sering kali, malah dikuasai harta. Pengkhotbah jelas menyatakan: ”Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya.” (Pkh. 5:9).

Bahkan, lagi-lagi menurut Paulus, beberapa orang telah menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. Ingatlah Paman Gober, dalam Majalah Donald Bebek, yang tidak bisa tidur karena takut orang mencuri hartanya.

Menjadi kaya bukan soal, cinta uanglah yang merupakan masalah utama manusia. Persoalan utama bukanlah pada uang itu sendiri, tetapi pada cinta akan uang. Dan ketika orang cinta akan uang, pada titik itulah dia telah menjadi hamba uang.

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home