Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 12:16 WIB | Selasa, 12 November 2013

Dapil Aceh I: Istri Walikota, Artis, Wartawan dan 80 Caleg Berebut Tujuh Kursi

Ilustrasi partai politik. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 83 calon tetap anggota legislatif dari 12 Partai Politik akan memperebutkan tujuh kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari daerah pemilihan Aceh I pada Pemilu 9 April 2014. Ini berdasarkan penelusuran satuharapan.com pada Selasa (12/11).

Daerah pemilihan Aceh I meliputi Kota Sabang, Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Tenggara,  Kota Subussalam, Kabupaten Simeuleu, dan Kabupaten Aceh Singkil.

Pemilih yang tercatat dalam DPT yang ditetapkan pada 4 November lalu untuk Daerah Pemilihan Aceh I adalah 1.741.708 orang. Terdiri dari calon pemilih laki-laki 858.313 orang dan perempuan 877.513. Jika seorang caleg daerah pemilihan tersebut meraih 248.815 suara, ia dapat menjadi wakil rakyat dan berkantor di Gedung MPR/DPR di Senayan.

Menurut informasi yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, 83 caleg tersebut berasal dari 12 partai politik yaitu Partai Nasdem (tujuh caleg), Partai Kebangkitan Bangsa (tujuh caleg), Partai Keadilan Sejahtera (enam caleg), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (tujuh caleg), Partai Golkar (tujuh caleg), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (tujuh caleg).

Partai Demokrat (tujuh caleg), Partai Amanat Rakyat (tujuh caleg), Partai Persatuan Pembangunan (tujuh caleg), Partai Hati Nurani Rakyat (tujuh caleg), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (tujuh caleg).

Semua anggota DPR (2009-2014) maju lagi pada pemilu 2014. Mereka yaitu Sayed Mustafa Usab, SE, M.Si (PAN), H. Sayed Fuad Zakaria, SE (Golkar), Tgk. H. Mohd. Faisal Amin (PPP), H. Teuku Riefky Harsa, Ir. Nova Iriansyah, MT,  H.M. Ali Yacob (Partai Demokrat),  H. Muhammad Nasir Djamil, S.Ag (PKS).

Nurshanti Adnan, yang merupakan istri walikota Banda Aceh Mawardy Nurdin dicalonkan oleh Partai Demokrat ke kursi DPR RI melalui dapil Aceh I. Desi Fitriani, seorang reporter televisi swasta juga mengadu peruntungan di daerah pemilihan paling utara ini. Fara Diana, artis sinetron tidak mau ketinggalan.

454 Caleg DPRK Banda Aceh Berebut Kursi

Sebanyak 454 calon anggota legislatif (caleg) dari 15 parpol peserta Pemilu 2014 akan bersaing memperebutkan 30 kursi DPRK Banda Aceh periode 2014-2019.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home