Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:42 WIB | Senin, 24 Februari 2014

Dapil Aceh II: Pebisnis, Aktivis Sipil, Anggota DPR RI dan 72 Caleg Berebut Enam Kursi

Dapil Aceh II. (Foto: kpu.go.id)

ACEH, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 72 calon tetap anggota legislatif dari 12 Partai Politik akan memperebutkan enam kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari daerah pemilihan Aceh II pada Pemilu 9 April 2014. Ini berdasarkan penelusuran satuharapan.com pada Senin (24/2).

Sesuai dengan lampiran UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu, Provinsi Aceh dibagi dalam dua daerah pemilihan.

Daerah pemilihan Aceh I meliputi Kabupaten Bireun, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Pemilih yang tercatat dalam DPT yang ditetapkan pada 4 November lalu untuk Daerah Pemilihan Aceh II adalah 1.593.512 orang. Terdiri dari calon pemilih laki-laki 784.408 orang dan perempuan 809.104 orang. Jika seorang caleg daerah pemilihan tersebut meraih 265.585 suara, ia dapat menjadi wakil rakyat dan berkantor di Gedung MPR/DPR di Senayan.

Menurut informasi yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, 72 caleg tersebut berasal dari 12 partai politik yaitu Partai Nasdem (enam caleg), Partai Kebangkitan Bangsa (enam caleg), Partai Keadilan Sejahtera (enam caleg), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (enam caleg), Partai Golkar (enam caleg), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (enam caleg).

Partai Demokrat (enam caleg), Partai Amanat Nasional (enam caleg), Partai Persatuan Pembangunan (enam caleg), Partai Hati Nurani Rakyat (enam caleg), Partai Bulan Bintang (enam caleg) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (enam caleg).

Beberapa anggota DPR (2009-2014) maju lagi pada pemilu 2014. Mereka yaitu H.Raihan Iskandar, Lc., MM (PKS) dan Drs. H Marzuki Daud (Golkar).

Ihsanuddin merupakan pebisnis muda asal Gayo yang menjalankan usahanya dalam bidang pertamanan kota dan perumahan di Banda Aceh. Dia terjun dalam dunia politik sejak tahun 2009 dan bergabung dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Seorang aktivis sipil, Faisal Ridha, S.Ag pun tidak mau kalah dalam perebutan kursi di Dapil Aceh II. Dia adalah pendiri Yayasan Perdamaian dan Keadilan (PEACE & JUSTICE) yang memutuskan untuk bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).  

Daftar Lengkap Caleg DPR dari Dapil Aceh II

Partai NasDem: Zulfan Lindan, Zaini Djalil, Fatimah, Basri Arita, Muliyadi, Sufridawati.

Partai Kebangkitan Bangsa: Muhammad Wali Alkhalidi, Faisal Ridha, Yenni Fatmawati, Teuku Nasruddin, Hamdani Idris, Nova Maulidya.

Partai Keadilan Sejahtera:  Raihan Iskandar, Khairul Amal, Suesilowaty, Muhammad Rizal, Ihsanuddin, Sutrinawati.

 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan:  Karimun Usman, Ahmand Muis, Meiny Karolina, Malahayati, Klara Agusta, Tagore Abubakar.

Partai Golongan Karya: Kaharuddin Syah, Firmandez, Fariawati, Heriwansyah, Marzuki Daud, Yuniati

Partai Gerakan Indonesia Raya: Ismail Berdan, Asrul Abbas, Zulhafah, Amiruddin, Khaidir, Cut Puteh.

Partai Demokrat: Muslim, Teuku Irwan, Mirnawati, Mirwan Amir, Yudha Johansyah, Naimah Hasan.

Partai Amanat Nasional: Ferry Soraya, Tarmidinsyah Abubakar, Zainal Abidin Hussein, Soraya, Ridwan Yunus, Tun Azhari

Partai Persatuan Pembangunan: Anwar Idris, Murhaban Makam, Nurdahri Ibrahim Naim, Sulaiman Daudi, Muhammad Adami, Ernidawaty

Partai Hati Nurani Rakyat: Syafruddin Budiman, Syafriruddin, Darsiah, Mahreje Wahab, Lismaini, Rusli Ranto

Partai Bulan Bintang: Mawardi Abdullah, Tarmizi A. Gani, Sri Andeni, Amir Hasan Sidik, Syahrial, Cut Rabbia Al Wafi

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia: Teuku Muda Yusuf, Indah Uziana Paramita, T. Rasyidin, Zaini Z. Alwy, Mutia, Munir Usman.

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home