Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:22 WIB | Senin, 17 Februari 2014

Dapil DKI I: Dihiasi Pejabat Stasiun Televisi

SUara 1.917.004 Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan di perebutkan oleh 72 calon anggota legislatif di dapil DKI I Pemilu 2014 (Foto: jakartatimur.go.id)

JAKARTA TIMUR, SATUHARAPAN .COM – Persaingan untuk menjadi anggota DPR-RI diprediksi akan terjadi dengan seru dan sengit di daerah pemilihan (dapil) DKI I, karena dapil DKI I akan menghadirkan beberapa nama orang hebat dari tiga profesi yang berbeda di dalam daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2014, artis, pengusaha, dan petahana. Bila di dapil Jawa Barat I Hanura mencatumkan nama Pemimpin Redaksi RCTI, Arief Suditomo, untuk DKI I mereka kembali mencatumkan nama pejabat MNC Grup, Wijaya Kusuma Subroto (Wakil Presiden Sindo TV).

Dapil DKI I hanya meliputi Jakarta Timur. Dapil ini mencatatkan 1.917.004 orang dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan pada 4 November lalu untuk daerah Pemilu 2014, dengan perbandingan 965.998 pemilih laki-laki dan 951.016 pemilih perempuan.

Enam kursi akan diperebutkan di daerah pemilihan ini oleh 72 caleg Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). Artinya, mereka harus memperoleh kira-kira 319.500 suara dari 4.675 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan di dapil ini. Nilai tepatnya sendiri akan ditetapkan setelah semua suara sah sudah diketahui untuk melangkah ke Senayan sebagai wakil rakyat DKI I.

Mereka harus memastikan, partai tempat mereka bernaung harus lolos parliamentary threshold sebesar 3,5 persen. Jika tidak, suara mereka sia-sia.

Dari Enam, Lima Turun

Dari enam nama anggota legislatif terpilih pada pemilu 2009 yang lalu ada lima nama yang namanya kembali menghias DCT pemilu 2014. Satu nama, Saifudin Donodjoyo (Gerindra), dipastikan tidak akan tercantum di dalam DCT pemilu 2014.

Menurut hasil penelusuran satuharapan.com, Saifudin memang tidak mencalonkan diri kembali pada pemilu kali ini, ia memilih untuk memberikan kesempatan kepada yang lebih muda yang ingin menjadi caleg  pada Pemilu 2014.

Daftar Caleg dengan status petahana di dapil DKI I: Andi Anzhar Cakra (PAN), Adang Ruchiatna (PDIP), Tri Yulianto (Demokrat), Hayono Isman (Demokrat), Ahmad Zainuddin (PKS)

Dua Nama Artis Kondang

Ada dua nama artis kondang yang akan menghiasi dapil DKI I ini, mereka adalah presenter tv, Charles Bonar Sirait, dan pemain sinetron, Saleh Ali.

Saleh Ali adalah seorang pemain sinetron yang namanya terkenal melalui sinetron komedi “Bajaj Bajuri”. Saat itu ia berperan sebagai Said, seorang yang sering berbicara dengan logat Arab. Kini, ia menjadi caleg dari PKB.

Sedangkan, Charles Bonar Sirait, namanya mulai terkenal saat membawakan acara “Gebyar BCA” di Indosiar, dan kuis “Tak Tik Boom” di RCTI. Kini ia maju sebagai caleg Golkar.

Pengusaha Jadi Caleg

Selain Wijaya Kusuma Subroto, dapil DKI I juga menghadirkan nama-nama pengusaha lainnya, sebut saja Arion Manatap Hutagalung, Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani Hardjoprakoso, dan Syamsul Hilataha.

Arion Manatap Hutagalung (Gerindra) adalah seorang direktur Arion Paramita Holding, yang memiliki Arion Mall (terletak di Jakarta Timur) dan Bus Arion. Selanjutnya adalah Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani Harjoprakoso (PDIP), ia adalah CEO (Chief Executive Officer) Sahid grup. Ia juga merupakan putri dari Sukamdani Sahid Gitosardjono, soerang konglomerat sekaligus pemilik hotel Sahid Jaya

Berikutnya adalah Direktur Utama PT. Food Station Tjipinang (pengelola pasar Cipinang, Jakarta Timur), Syamsul Hilataha, yang mencalonkan diri melalui Partai Bulan Bintang, pimpinan Yusril Izra Mahendra.

Daftar Caleg Dapil Dki I Pemilu 2014:

Partai Nasional Demokrat: Taufik Basari, Raphy Uli Tobing, Salim Syihab, M Bambang, S.Syukur, Maria S.A Wardhanie, Faisal Yusuf.

Partai Kebangkitan Bangsa: M Yusuf Mujenih, Saleh, Hesty Pudjiastuti, A Shephard Supit, Zulkarnain, Yuli Agus Fristia.

Partai Keadilan Sejahtera: Ahmad Zainuddin, Iie Sumirat Sundana, Maria Ahdiati, Abdul Aziz Abdul Rauf, Nurmansjah Lubis, Lulu Muslachar.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan: Wiryanti Sukamdani, Adang Ruchiatna Puradiredja, Abadi Parulian Hutagalung, Rasyidi, Ni Gusti Ayu Eka Sukmadewi, Hm Nurcahyo Riswanto.

Partai Golongan Karya: Bambang Wiyogo, Muhammad Fahreza Sinambela, Liliek Nurlinda Diyani, Charles Bonar MT Sirait, Baskara Harimukti Sukarya, Henny Ida Astuti.

Partai Gerakan Indonesia Raya: Asril Hamzah Tanjung, Batara Imanuel Sirait, Nurana Diah Dhayanti, Andrea Walkers, Louise M.A Sitompul, Arion Hutagalung.

Partai Demokrat: Hayono Isman, Tri Yulianto, Dwi Astuti Wulandari, Cornel Simbolon, Edwin Jannerli Tandjung, Luki Widiastuti T.

Partai Amanat Nasional: Didik J Rachbini, Andi Anzhar Cakra Wijaya, Naomi Dailami, Aulia Prima Kurniawan, Chandra Mursida, Anshori.

Partai Persatuan Pembangunan: Hizbiyah Rochim, Mansyur Kardi, Agustitin Setyobudi, Selvia,  Osby Verbo, Achmad Fauzan H.

Partai Hati Nurani Rakyat: Wijaya Kusuma Subroto, Mulyano, Ida Hastuti Listiantini, Sutrisno, Z Leander Ohoiwutun, Hana Fitriana.

Partai Bulan Bintang: Sjamsul Hilataha, Dindin Sjafrudin, Sri Kusharyati, Darwono, Bambang Widyatono Hm, Linda Meri.

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia: Romulus S Sihombing, Risa Amtiana Monika, Hotner Tampubolon, Amir Tamba, M Nurul Huda, Mia Oktavia. (kpu.go.id/wikipedia)

Editor : Bayu Probo

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home