Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:23 WIB | Senin, 24 Februari 2014

Dapil Jabar IX: Majalengka, Subang, dan Sumedang Tetap Memiliki Sosok Tampan

Dapil Jabar IX meliputi tiga Kabupaten, Yakni Kabupaten, Majalengka, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang, yang mencatatkan 2.949.593 orang dalam DPT (Foto: kpu.go.id)

JAWA BARAT, SATUHARAPAN.COM – Daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat (Jabar) IX merupakan dapil salah satu aktor yang sukses menembus DPR-RI pada Pemilu 2009, Primus Yustisio. Namun, pada pemilu 2014, Primus tidak lagi mengisi Daftar Calon Tetap (DCT) dapil Jabar IX ini. Ia pindah ke dapil Jabar V. Meski demikian, warga Majalengka, Subang, dan Sumedang tidak perlu merasa kehilangan aktor “tampan”, melalui Partai Nasdem, Jabar IX menghadirkan sosok “tampan” berbeda, Damara Prasdmana atau yang lebih dikenal dengan nama Donny Damara.

Dapil Jabar IX meliputi tiga Kabupaten, yakni Kabupaten, Majalengka, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang. Jabar IX mencatatkan 2.949.593 orang dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan pada 4 November lalu untuk daerah Pemilu 2014, dengan perbandingan 1.464.437 pemilih laki-laki dan 1.485.156  pemilih perempuan.

Delapan kursi akan diperebutkan di daerah pemilihan ini oleh 93 caleg Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). Artinya, mereka harus memperoleh kira-kira 368.699 suara dari 8.563 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan di dapil Jabar IX. Nilai tepatnya sendiri akan ditetapkan setelah semua suara sah sudah diketahui untuk melangkah ke Senayan sebagai wakil rakyat Jabar IX.

Mereka harus memastikan, partai tempat mereka bernaung harus lolos parliamentary threshold sebesar 3,5 persen. Jika tidak, suara mereka sia-sia.

Enam Petahana Tarung Kembali

Pada Pemilu 2009, dapil Jabar IX mengutus delapan nama sebagai anggota legislatif terpilih mereka, yakni Eldie Suwandie (Golkar), Endang Sukandar (PPP), Yusyus Kuswandana (Demokrat), Linda Megawati (Demokrat), Maruarar Sirait (PDIP), TB Hasanuddin (PDIP), Nurhasan Zaidi (PKS), dan Primus Yustisio (PAN).

Namun, pada Pemilu 2014, dari delapan nama tersebut hanya enam nama yang kembali menghiasi DCT Pemilu 2014. Endang Sukandar, pada  (29/8) yang lalu, resmi mengundurkan diri sebagai anggota DPR-RI, ia terpilih sebagai Bupati Sumedang (2013-2018). Posisinya digantikan Anwar Sanusi, sebagai anggota DPR-RI Pengganti Antar Waktu (PAW) di Fraksi PPP.

Namun, belum tepat tiga bulan menjadi Bupati Sumedang, Endang Sukandar meninggal pada (2/11) yang lalu.

Pada pemilu 2014 ini, Anggota DPR-RI PAW, Anwar Sanusi, mencalonkan diri sebagai caleg PPP dapil Jabar II. Sedangkan, caleg peraih satu kursi dapil Jabar IX Pemilu 2009, Primus Yustisio, pindah ke dapil Jabar V.

Tak Ada Primus, Damara Pun Jadi

Pada Pemilu 2009, dapil Jabar IX memiliki nama Primus Yustisio sebagai caleg dari kalangan artis, saat itu ia menjadi caleg dari PAN. Namun, pada pemilu 2014 ini nama primus tidak dapat ditemukan dalam DCT Jabar IX, karena ia pindah ke dapil Jabar V.

Namun, hal tersebut bukan berarti menyebabkan Jabar IX kehilangan sosok artis dalam DCT nya, Abang Jakarta 1987, Damara Prasadmana menjadi salah satu artis yang namanya terdaftar dalam DCT Jabar IX.

Selain Damara Prasadmana, Jabar IX masih memiliki sosok ternama lainnya, yang namanya patut diperhitungkan oleh para caleg lain dan petahana yang ingin mempertahankan kursi DPR-RI mereka. Mereka adalah Ratieh Sanggarwati dan Alex Asma Soebrata.

Ratieh Sanggarwati adalah seorang model, peragawati, sekaligus pemain teater di tahun 80 an. Ia juga merupakan seorang penulis buku, buku-buku yang ditulis Ratih bertemakan penggunaan busana muslim.

Sementara itu,  Alex Asma Soebrata adalah seorang pembalap Indonesia era 70 an. Kini, profesi tersebut diteruskan oleh putri ketiganya, Alexandra Asmasoebrata,yang tengah berkiprah di Asian Formula Renault 2014.

Berbicara karir politiknya, Alex Asma Soebrata bukanlah sosok yang asing, ia pernah menjadi angotta MPR-RI hingga 1992. ia juga merupakan anggota Partai Demokrasi Indonesia (1971-1999). Sejak 2002, ia bergabung dengan partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono, Demokrat. Kini ia menjadi caleg Demokrat dapil Jabar IX.

Cendikiawan Muda Ambil Bagian

Kesempatan menjadi anggota legislatif pada Pemilu 2014 ini juga tidak dilewatkan oleh cendikiawan muslim muda sekaligus pemimpin pesantren Al-Mizan (Ciborelang, Majalengka), Maman Imanulhaq. Pada Pemilu 2014 ini, Ia mencalonkan dirinya sebagai caleg PKB  Saat ini ia menjabat Sebagai Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU)

Sedangkan, aktivis sekaligus ketua PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) (2009-2010), Chepy Aprianto, ikut meramaikan dapil Jabar IX. Ia terdaftar sebagai caleg PPP dengan nomor urut 6.

Sementara itu , Ketua DPRD Subang (2004-2009) kembali muncul kembali, namun kali ini ia muncul dengan “kendaraan” berbeda. Bila sebelumnya ia adalah kader dari PDIP, kini ia mencatumkan namanya sebagai caleg Partai Nasdem.

Daftar Caleg Dapil Jabar IX Pemilu 2014:

Partai Nasional Demokrat: Damara Prasadmana, Bambang Herdadi, Mimin Rosmini, Adang Kosma Wijaya, Taufik Falaba, Lela Susanty, Kurnia Permana Kusumah, Nina Nurhayati,

Partai Kebangkitan Bangsa: Maman Imanul HAQ, Santi Anisa, Ilik Sudana, Lilis Santika, Ahmad Shofi, Karina Astri Rahmawati, Rusfian, Ali

Partai Keadilan Sejahtera:  Nur Hasan Zaidi, Wahyudin Munawie, Yani Citraeni, Encep Sugiana, Dina Sari Utami, Rahmat Juliadi, Adriani

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan: Maruarar Sirait, Tb Hasanuddin, Denny Jaya Abri Yani, Sony Sofiandy, Nunung Nurhayati, Wing Iskandar, Rusmarni, Ahmad Hidayat,

Partai Golongan Karya: Eldie Suwandie, Rusmin Effendy, Itje Siti Dewi Kuraesin, Wahyu Sofiadi, Venny Devianti, Nana Maznah Prasetyo,  Faraisyah Agung Jaya, Tubagus Alvin Haranoi

Partai Gerakan Indonesia Raya: Oo Sutisna, Hairudin, Hikmah Kodariah, Saleh Ramli, M Saipul Bahri, Sulistiati

Partai Demokrat: Yusyus Kuswandana, Linda Megawati, Alex Asma Soebrata, Adi Gunawan, Lis Dedeh, Ceppy Subhan Solichin, Nana Rukmana, Tintin Hendrayani,

Partai Amanat Nasional: Raden Tedi, Siti Hikmawatty, Sumerlan, Tio Indra Setiadi, Rahmat, Ratna Sarah Ayu, Mastur Aeny Rochman Noor, Diana Novita

Partai Persatuan Pembangunan: Ratieh Sanggarwaty, Usman M Tokan (Donnie), Dony Ahmad Munir
Julius Purnawan, Hendang Setyo Rukmi, Chepy Aprianto, Z Arifin Sanusi, Yuyun Yunani

Partai Hati Nurani Rakyat: Redy Pryambada Sukamao, Hatanto Reksodieputro, R Ida Sundari
M Iriana, Solichin Trijono Kusnadi, Citra Diani Putri, Novalina L Tobing, C Suhadi

Partai Bulan Bintang, Emi Klanawidjaja, Endang Setiady, Cholidah, Kikin Sadikin, Dudy Hidayat, Ide Suprihatien, R Idris Tamami, Desih Halimah

Partai Keadilan Dan Persatuan Indonesia: R Sardjono Jhony T, Moch A Wiguna, Trimalukianti
Farida Abidin, Ismail Ibrahim, Lita Perdita, Puspa Allamanda, Oom Supriatna

(kpu.go.id/wikipedia)

Editor : Bayu Probo

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home