Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Bayu Probo 16:38 WIB | Selasa, 22 April 2014

David Moyes Dipecat, Diganti Ryan Giggs

Mantan Manajer Manchester United, David Moyes. (Foto: AFP)

MANCHESTER, SATUHARAPAN.COM – David Moyes hari ini (22/4) dipecat sebagai manajer Manchester United setelah pemilik klub Keluarga Glazer memutuskan untuk mengakhiri masa bencana pria Skotlandia itu di Old Trafford, lapor koran Inggris The Telegraph dalam edisi daringnya.

Ryan Giggs, dibantu Nicky Butt yang akan menjadi asistennya, akan bertindak sebagai pelatih sementara sampai akhir musim ini.

Giggs telah menjadi pelatih merangkap pemain di bawah Moyes, sedangkan Butt menangani tim cadangan.

Keluarga Glazer memberi mandat kepada wakil pimpinan eksekutif Ed Woodward untuk melucuti Moyes kurang dari 12 bulan dari kontrak 4 juta poundsterling setahun dari masa kontraknya yang bermasa 6 tahun.

Mandat itu diberikan setelah United kalah dari Everton hari Minggu lalu sehingga memastikan MU gagal ke Liga Champions musim depan.

“Manchester United mengumumkan bahwa David Moyes telah meninggalkan Klub. Klub berterima kasih untuk kerja keras, kejujuran dan integritas yang beliau bawa untuk peran itu,” kata MU dalam lamannya.

Moyes akan menerima kompensasi satu tahun gaji, ketimbang kompensasi lima tahun sisa kontraknya.

Pelatih Borussia Dortmund Jurgen Klopp, Louis van Gaal, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti, dan pelatih Atletico Madrid Diego Simeone disebut-sebut sebagai penggantinya, demikian tulis The Telegraph.

Sebelumnya Ditepis

Padahal sehari sebelumnya, Manchester United  memastikan David Moyes belum dipecat sebagai manajer Setan Merah. Meski demikian pihak klub enggan mengomentari merebaknya laporan media Inggris yang memberitakan Moyes bakal dipecat.

Seorang juru bicara MU berkata kepada AFP dalam sebuah email, “David Moyes sama sekali belum dipecat!”

Namun, ketika awak media bertanya kepada pihak klub tentang kemungkinan Moyes akan hengkang sebelum akhir musim, mereka menjawab, “Kami tidak mengomentari spekulasi.”

Sejumlah surat kabar Inggris mengklaim MU telah memutuskan untuk memecat Moyes setelah debutnya membesut Setan Merah tidak memuaskan. Sky Sports News bahkan menyatakan ia kemungkinan bakal kehilangan pekerjaannya “dalam 24 jam ke depan”.

Spekulasi tentang masa depan Moyes kian santer menyusul kekalahan 2-0 di Everton, mantan klub besutan Moyes. Hasil memalukan tersebut membawa MU pada kekalahan ke-11 sepanjang musim ini sekaligus memastikan mereka tidak mendapat jatah tiket Liga Champions musim depan.

Moyes merupakan manajer pengganti yang ditunjuk langsung oleh mantan bos MU Alex Ferguson setelah ia pensiun musim lalu. Fergie bisa dikatakan sebagai manajer paling sukses di sepak bola Inggris selama kariernya.

Namun sentuhan Moyes pada musim debutnya di Old Trafford sangat mengecewakan. MU kini bertengger di urutan ketujuh di Liga Premier dan tersingkir dari dua kompetisi piala domestik.

Mereka sempat berhasil mencapai perempat final Liga Champions, namun kemudian ditumbangkan juara bertahan Bayern Munchen. Dan musim depan mereka tidak akan berlaga di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 1995.

Sejauh ini, pemilik MU, keluarga Glazer, masih setia memberikan dukungan.

Meski demikian, keraguan kini muncul mengenai apakah mereka masih bakal mempercayakan Moyes untuk menangani tim Setan Merah pada empat pertandingan terakhir musim ini melawan Norwich City, Sunderland, Hull City dan Southampton.

Simeone Tak Tertarik

Pelatih  Atletico Madrid Diego Simeone membantah spekulasi ia berniat bergabung dengan Manchester United jika David Moyes kehilangan tempatnya.

Beberapa surat kabar nasional Inggris pada Senin mengabarkan Moyes diperkirakan akan meninggalkan United pada akhir musim setelah klub tersebut berada di urutan ketujuh klasemen Liga Premier Inggris dan tidak memiliki peluang lolos kualifikasi Liga Champion musim depan.

Simeone merupakan salah satu pelatih Eropa yang paling didambakan berkat upayanya membawa Atletico ke semifinal Liga Champion dan ke puncak La Liga dengan hanya menyisakan empat laga.

Namun, pelatih asal Argentina tersebut bersikeras menyatakan ia kini sepenuhnya fokus pada leg pertama babak semifinal melawan Chelsea yang akan digelar pada Selasa.

“Dengan segala hormat terhadap pertanyaan ini dan saya memahami situasinya, namun pertandingan esok hari merupakan pertandingan yang sangat penting bagi kami dan saya tidak akan memikirkan segala sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan para pemain saya dan Chelsea. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home