Loading...
FOTO
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 11:32 WIB | Rabu, 17 Juni 2015

Debu Vulkanik Sinabung Terbang Hingga Medan

Debu Vulkanik Sinabung Terbang Hingga Medan
Awan panas Sinabung meluncur dari puncak gunung Sinabung ketika terjadi guguran kubah lava terlihat dari desa Tiga Serangkai, Karo, Sumatera Utara, Rabu (17/6). Erupsi Sinabung mengakibatkan sedikitnya sepuluh ribu jiwa dari sembilan desa yang terletak di lingkar gunung sinabung kembali diungsikan. (Foto-foto: Antara)
Debu Vulkanik Sinabung Terbang Hingga Medan
Sejumlah warga melihat Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanis disertai awan panas, di desa Namanteran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (16/6). Gunung Sinabung berstatus Awas (Level IV) kembali erupsi, mengakibatkan sedikitnya 2.805 warga mengungsi.
Debu Vulkanik Sinabung Terbang Hingga Medan
Lava pijar mengalir ketika terjadi guguran kubah lava Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, Selasa (16/6). Tingginya aktivitas Sinabung membuat Pemerintah kabupaten Karo kembali mengevakuasi warga dari enam desa di sisi tenggara gunung tersebut.
Debu Vulkanik Sinabung Terbang Hingga Medan
Aliran abu vulkanik Gunung Sinabung di Karo, 13 Juni 2015. Hampir 3.000 orang dievakuasi dari kediaman mereka setelah pemerintah Indonesia meningkatkan status Gunung Sinabung di Pulau Sumetera ke level tertinggi, ungkap seorang pejabat pada 4 Juni 2015.
Debu Vulkanik Sinabung Terbang Hingga Medan
Warga melintas di tengah hujan abu vulkanik guguran kubah lava Gunung Sinabung di Desa Sukandebi, Karo, Sumatera Utara, Sabtu (13/6). Gunung Sinabung yang berstatus Awas mengalami peningkatan aktivitas ditandai dengan rutinya luncuran awan panas guguran kubah lava di sisi tenggara gunung.
Debu Vulkanik Sinabung Terbang Hingga Medan
Dalam foto yang diambil 12 Juni 2015 menunjukkan lava terlihat di kawah Gunung Sinabung di Karo, Sumatra Utara. Hampir 3.000 orang dievakuasi dari rumahnya setelah Indonesia meningkatkan status bahaya gunung berapi ke tingkat yang paling tinggi, kata seorang pejabat pada 4 Juni 2015.
Debu Vulkanik Sinabung Terbang Hingga Medan
Petani beraktivitas di ladang kol dengan latar belakang Gunung Sinabung kembali mengeluarkan awan panas guguran kubah lava di kawasan Tiga Serangkai, Karo, Sumatera Utara, Jumat (12/6). Pemerintah kabupaten Karo tetap menghimbau pada seluruh warga di lingkaran Gunung Sinabung untuk waspada dan tidak beraktivitas di radius 7 km arah selatan dan tenggara gunung itu.

MEDAN, SATUHARAPAN.COM - Debu vulkanik yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung di kabupaten Karo terbang hingga kota Medan dan sekitarnya pada Rabu (17/6) pagi.

Pantauan terhadap sejumlah ruas jalan di kota Medan, terlihat beberapa kendaraan yang melintas diselimuti abu berwarna putih yang diperkirakan debu vulkanik Gunung Sinabung.

Staf Pelayanan Data BMKG Wilayah I Medan Rika Karyani yang dihubungi membenarkan jika debu vulkanik telah terbang ke kota Medan dan sekitarnya.

Debu vulkanik tersebut dibawa angin dari arah Kabupaten Karo yang memiliki kecepatan sekitar 15-20 knot yang menuju arah barat daya Sumatera.

Dengan kecepatan angin yang cukup kencang tersebut, debu vulkanik itu bisa sampai ke kota Medan sejak pagi hari.

Bahkan, dari pemantauan yang dilakukan BMKG, debu vulkanik itu juga meliputi sejumlah daerah di pantai timur Sumut seperti kabupaten Langkat, kota Binjai, dan kabupaten Deliserdang.

Memastikan debu vulkanik tersebut, tetapi pihaknya tidak dapat mengetahui tingkat ketebalan debu yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung tersebut.

"Kami tidak tahu karena itu bukan ruang lingkup kami," kata Rika.

Meski demikian, BMKG memprakirakan debu vulkanik itu bisa hilang dengan kemungkinan turunnya hujan pada sore hingga malam hari. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home