Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:28 WIB | Jumat, 17 April 2015

Desa India Terima Pasokan Air Botolan Termurah Sedunia

Pekerja amal telah bekerja sama dengan desa miskin di India timur, untuk mengembangkan apa yang mereka katakan adalah botol termurah di dunia air minum - biaya kurang dari satu sen AS. (Foto: AFP)

MADUSUDANKATI , SATUHARAPAN.COM - Para pekerja amal bekerja sama dengan sebuah desa miskin di India timur dalam mengembangkan air minum botolan termurah di dunia seharga kurang dari satu sen dolar Amerika Serikat (Rp 150).

Setelah bertahun-tahun menderita penyakit, akibat meminum air tanah yang tercemar, warga desa Madusudankati, kini menerima pasokan air bersih botolan berkat adanya fasilitas pemurnian air baru.

“Saya melihat adanya secercah harapan, ketika saya mendengar kabar fasilitas pemurnian air akan dibangun di desa kami,” kata Pralay Mallick, seorang petani setempat.

Bindeshwar Pathak, pendiri badan amal India Sulabh International, mengatakan fasilitas pemurnian air tersebut mulai beroperasi beberapa bulan lalu dengan kapasitas untuk memproduksi 8.000 liter air minum per hari.

“Dan harga air hanya 50 paise (kurang dari Rp 130) per liter, menjadikannya air botolan hasil pemurnian termurah di dunia,” kata Pathak kepada AFP.

“Koperasi desa dipercaya untuk memasok air botolan volume 20 liter ke rumah tangga, toko dan pasar di wilayah setempat,” katanya. Ia menambahkan lebih dari 10 ribu orang diuntungkan dari proyek tersebut. Air juga dipasok ke sekolah-sekolah.

Bagi warga Madusudankati, yang berlokasi dekat perbatasan dengan Bangladesh, fasilitas pemurnian air tersebut menjadi penyelamat setelah bertahun-tahun menderita penyakit kulit dan beragam penyakit lain akibat zat arsenik di air tanah. (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home