Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 21:12 WIB | Sabtu, 04 April 2020

Desainer Sepatu Sergio Rossi Meninggal Dunia karena Virus Corona

Perancang sepatu terkenal Italia, Sergio Rossi, dengan salah satu koleksinya. (Foto: Preview.ph)

MILAN, SATUHARAPAN.COM – Pembuat sepatu mewah Italia yang terkenal, Sergio Rossi, meninggal dunia dalam usia 85 tahun setelah dirawat di rumah sakit karena terinfeksi virus corona, kata Luciana Garbuglia, Wali Kota San Mauro Pascoli, tempat Rossi dilahirkan pada tahun 1935, pada Jumat (3/4).

Italia mencatat lebih banyak kematian akibat virus corona dibandingkan negara lain di dunia, dengan 13.915 kematian, menurut catatan pada hari Kamis (2/4). Situasi dan kondisi itu sangat membuat para lansia terpukul.

Rossi meninggal pada hari Kamis (2/4) di kota kecil Cesena di Italia tengah.

“Ia adalah salah satu pendiri sektor usaha alas kaki wanita kelas atas di kawasan Forlì dan Cesena pada pertengahan abad ke-20,” kata Wali Kota Luciana Garbuglia kepada Reuters, yang dikutip arabnews.com.

Di kota kelahirannya di wilayah Romagna, Italia itu, Rossi mendirikan perusahaan, mewarisi usaha ayahnya, yang juga pembuat sepatu. Ia mendirikan pabrik pada 1951 dan mengembangkan brand-nya.

Wikipedia menyebutkan, ia mengawali karier dengan membuat sandal yang kemudian ia jual di kawasan pantai Rimini dan di sebuah butik di Bologna. Salah satu karya sandalnya, Opanca, menjadi sangat terkenal.

Beberapa tahun kemudian, sepatu pertamanya dengan brand Sergio Rossi, mulai diproduksi dan menjadi koleksi pertama. Majalah mode Vogue mencatat, selama tahun 1960-an perusahaan itu, “dengan cepat menjadi identik dengan kualitas Italia dan disebut-sebut sebagai desain klasik yang feminin”.

Dalam perjalanannya, grup fashion mewah Prancis, Kering, mengambil alih merek tersebut pada tahun 1999, namun kemudian berpindah ke tangan dana ekuitas swasta Italia Investindustrial pada tahun 2015, pada saat Rossi sudah pensiun.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home