Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 15:57 WIB | Kamis, 18 September 2014

Desmon Tak Kaget Sikap Demokrat Berubah Soal RUU Pilkada

Ketua DPP Partai Gerindra, Desmon J Mahesa, tak kaget dengan perubahan sikap Partai Demokrat. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua DPP Partai Gerindra, Desmon J Mahesa mengatakan, tak kaget dengan perubahan sikap Partai Demokrat dalam Rancangan Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada).

"Kalau kita mau jujur, Koalisi Merah Putih melihat Demokrat tidak pernah tegas. Jadi tidak mengagetkan. Misalnya mendukung (Pilkada) langsung, (kami) tak masalah," kata Desmon di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Kamis (18/9).

Menurut Desmon tak mempersoalkan bila pemerintah, selaku pengusul RUU Pilkada, nantinya berubah sikap.

"Kita lihat sidang paripurna ke depan. Apa nanti di sikapnya dalam sidang paripurna,” katanya.

RUU Pilkada tersebut, setelah disahkan di tingkat panitia kerja, selanjutnya akan dibawa ke sidang paripurna DPR untuk disetujui sebagai undang-undang.

Desmon mengatakan juga sikap Susilo Bambang Yudhoyono yang plintat-plintut bukanlah hal baru. Pasalnya, ketua umum DPP Demokrat itu tak pernah kuat menghadapi tekanan publik.

Desmon pun mencontohkan dengan sikap SBY atau pemerintah yang menarik RUU Komisi Pemberantasan Korupsi di DPR, lantaran adanya tekanan masyarakat. "Kalau dia tidak berubah, ya baru kaget,” katanya.

Demokrat di kantor pusatnya beberapa saat lalu mengumumkan perubahan sikap terkait RUU Pilkada. Kini mereka menyatakan menolak kepala daerah dipilih DPRD.

Sementara sebelumnya, partai bintang mercy mendukung anggota dewan di daerah memilih bupati/wali kota, sebagaimana yang disuarakan Koalisi Merah-Putih atau gabungan parpol yang beranggotakan Gerindra, PPP, PAN, Golkar, dan PKS.

Desmon mengatakan, perubahan sikap tersebut sudah diprediksinya, karena partai besutan SBY tak pernah bersikap tegas.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home