Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 14:10 WIB | Jumat, 08 Januari 2016

Detabek Jadi Fokus Perpanjangan Rute Transjakarta

Ilustrasi: bus Transjabodetabek. (Foto; Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan fokus perpanjangan trayek bus transjakarta hanya sampai ke wilayah Depok, Tangerang, dan Bekasi terlebih dahulu. Sedangkan untuk wilayah Bogor dan Cimahi masih akan dikaji lebih dalam lagi.

"Kami utamakan yang dari Tangerang, Bekasi, dan Depok dulu. Nanti yang Bogor dan Cianjur kami lihat lagi," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, hari Jumat (8/1).

Ahok berharap perpanjangan rute tersebut akan mampu membuat masyarakat beralih ke kendaraan umum sehingga kemacetan di Ibukota akan teratasi secara bertahap.

“Intinya, kami ingin orang yang naik kendaraan pribadi merasakan lebih murah, lebih aman, dan lebih nyaman naik bus. Kalau nggak, nanti tiga juta kendaraan masuk Jakarta setiap pagi.”

Upaya Ahok untuk mengurai kemacetan Jakarta memang menempuh banyak upaya dan rintangan. Di antaranya adalah mengajak seluruh perusahaan transportasi di Jakarta seperti Metromini, Kopaja, dan Kopami, untuk bergabung di bawah satu manajemen yaitu PT Transjakarta. Ahok bahkan mengganti Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Steve Kosasih karena dinilai lamban dalam pengadaan bus.

Akhirnya, dia memilih Wakil Direktur PT Cipaganti Budi Kaliwono sebagai Direktur Utama PT Transjakarta yang baru. Ahok menilai Budi memiliki pengalaman di bidang transportasi dan manajemen keuangan yang baik berdasarkan rekam jejaknya.

Setelah dilantik, Budi Kaliwono mengaku ditargetkan oleh Ahok untuk mencapai satu juta penumpang dan melakukan pengadaan bus sebanya 1.000 bus dalam waktu satu tahun.

“Jadi, menurut saya, Transjakarta ini dibentuk untuk mengatasi kemacetan. Yang akan dibentuk nanti kita akan concern kepada pelayanan. Sekarang ini sudah cukup baik mencapai 320.000 (penumpang) per hari. Itu bisa kita tingkatkan sampai angka satu juta. Itu luar biasa dan seperti kita tahu memang ini seperti ayam sama telur, kalau nggak dicoba nggak akan tahu,” kata Budi dalam konferensi pers di Kantor Transjakarta Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 1 Cawang, Jakarta Timur, hari Kamis (7/1).

“Saya ditarget Gubernur (DKI Jakarta) tahun ini dengan estimasi angka mencapai – namun masih dijajaki – tapi 1.000 bus. Untuk tahun ini.”

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home