Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 07:46 WIB | Minggu, 04 Oktober 2015

Dewan Gereja Dunia Kesulitan Keuangan, akan Kurangi Staf

Kantor Pusat Dewan Gereja Dunia, Ecumenical Centre di Bossey Swiss. (Foto: LWF)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Gereja Dunia (The World Council of Churches/WCC) menghadapi harapan yang berkembang dari gereja-gereja anggota serta mitra ekumenis dan organisasi internasional. Namun harapan yang tinggi itu harus dipenuhi dalam situasi sumber daya keuangan yang terbatas.

Ini penyebabnya adalah nilai tukar yang berubah dari banyak mata uang lainnya terhadap franc Swiss. WCC membayar biaya-biaya operasional dengan mata uang lokal Swiss. Saat franc menguat di tahun 2015, ada kebutuhan mendesak untuk mengurangi semua biaya, termasuk biaya staf. Ini telah menyebabkan beberapa pengurangan staf dan juga menyebabkan peninjauan cara kerja dalam organisasi. Oikoumene.org bertemu dengan Sekretaris Umum Pdt Dr Olav Fykse Tveit untuk menjelaskan tantangan utama dewan menghadapi saat ini.

Sebab ada informasi bahwa WCC akan mengurangi jumlah delapan anggota stafnya di Swiss karena alasan ekonomi dan restrukturisasi.

Olav Fykse Tveit menjelaskan: “Keputusan diambil setelah berkonsultasi dalam kelompok kepemimpinan staf (staff leadership group/SLG) atas permintaan terbuat dari Komite Eksekutif dalam pertemuan pada Juni 2015-nya.” Berikut wawancara dengan Pdt Tveit.

Apa alasan di balik keputusan ini?

Tveit: “Kita dipanggil untuk melaksanakan misi utama WCC pada kenyataan keuangan saat ini. Keputusan yang kami buat terkait dengan perampingan anggaran. Namun, rencana strategis kami mendorong untuk kolaborasi yang lebih besar dalam persekutuan dan juga dalam komunitas staf seperti yang kita memperkuat perencanaan, koordinasi, komunikasi, dan administrasi dalam Dewan.”

Tveit melanjutkan: “Kedua realitas ini menunjukkan penegasan pada satu sisi bahwa WCC tetap relevan di masa lalu dan memiliki banyak pekerjaan yang masih harus dilakukan, dan di sisi lain kebutuhan WCC untuk mengurangi struktur staf agar operasional terus berkelanjutan, mengingat sumber daya yang tersedia saat. Namun, dengan cara ini kami akan lincah dan efisien secara optimal. Dan, kami terus bersyukur dengan sumber daya yang kami miliki. Walaupun sumber-sumber ini mungkin tidak pada tingkat yang sama seperti di masa lalu, itu masih cukup, sehingga kami dipanggil untuk bekerja dalam sumber daya yang kami miliki.”

Tveit menambahkan bahwa banyak yang beresonansi dengan motif pemersatu dari Ziarah Keadilan dan Perdamaian, menemukan titik masuk untuk bersinergi.

Bagaimana Anda memprioritaskan pengurangan?

Tveit: “Kami telah berusaha untuk menghindari pengurangan staf. Namun, kami harus mencari keseimbangan antara biaya pelaksanaan dan biaya staf.”

Mengapa sekarang?

Tveit: “Pada awal Januari, setelah Swiss National Bank membuat pengumuman mengenai nilai tukar Swiss franc (CHF), kami telah hati-hati memantau situasi keuangan WCC dan terus menginformasikan kepada kelompok perwakilan staf dari situasi ini. Pada April kami juga bersama dengan staf realitas keuangan untuk tahun 2015, mengundang saran untuk langkah-langkah penghematan biaya. Terima kasih kepada semua upaya yang baik dari staf kami mampu mengurangi biaya untuk tahun 2015 tanpa memerlukan pengurangan staf, ke titik ini. “

Apa jenis tindakan telah diambil pada tahun 2015 untuk anggaran 2015?

Tveit: “Untuk anggaran 2015, beberapa lowongan staf dibekukan, dan, di antara langkah-langkah lain, berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi pengeluaran untuk biaya implementasi.”

Apa jenis diperkirakan pengurangan pengeluaran yang diperlukan untuk 2016?

Tveit: “Anggaran untuk 2016 belum diselesaikan. Karena pengurangan sudah jauh di biaya implementasi, tidak mungkin untuk memenuhi target ini tanpa pengurangan bersamaan dalam biaya staf.”

Tveit menambahkan: “Selama tahun ini dan berikutnya, akan ada beberapa pengurangan karena pensiun dan akhir kontrak. Beberapa posisi ini tidak akan diisi ulang, yang mengakibatkan beberapa tanggung jawab ini diambil oleh rekan-rekan lain dengan cara lain. Ini sudah dihitung dalam anggaran kerja untuk tahun 2016. Posisi ini berada di setiap tingkat WCC—kepemimpinan, eksekutif Program dan staf komunitas. Karena prioritas WCC, dalam beberapa kasus, akan ada beberapa posisi, terutama di tingkat eksekutif Program, dengan profil revisi yang akan diisi untuk memastikan kapasitas WCC.”

Apa pesan Anda untuk gereja-gereja anggota dan mitra ekumenis?

Tveit: “Kami berkomitmen untuk rencana strategis untuk 2014-17, dengan menggunakan sumber daya yang tersedia. Kami fokus pada keberlanjutan Dewan dan didorong oleh komitmen yang kuat dari mitra kami untuk bekerja dengan kami. Kami memprioritaskan tugas kami dalam kerangka yang kami miliki.”

Apa fokus utama untuk WCC itu?

Tveit: “Saat kami terus pada Ziarah Keadilan dan Perdamaian, momentumnya adalah membangun. Kita sekarang berusaha bergerak maju secara terfokus, strategis dan kolaboratif. Selama bulan terakhir, banyak kebijakan yang diambil dan alat diimplementasikan untuk tujuan kolaborasi yang lebih besar dan lebih efisien dengan gereja-gereja dan mitra serta dalam komunitas staf dan seluruh wilayah program.”

Tveit menambahkan: “Kita diberkati untuk memiliki rekan-rekan staf yang berdedikasi dan sangat mampu. Namun, kami telah datang ke titik di mana kita tidak bisa lagi mampu untuk mempertahankan tingkat staf yang kami miliki dalam beberapa tahun terakhir tanpa risiko tingkat pengurangan implementasi yang akan terbukti menjadi tidak memadai dan kontraproduktif.”

Tveit menyimpulkan: “Tentu saja, pada saat-saat seperti ini, akan sangat membantu untuk mencari kenyamanan, jaminan dan bimbingan dari Allah hidup yang merupakan sumber kekuatan dan penyediaan, saat kami mencoba untuk mendukung mereka yang kehilangan pekerjaan mereka di WCC tersebut. “ (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home