Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 12:51 WIB | Jumat, 09 Januari 2015

Di 50 Negara Ini, Orang Kristen “Dianiaya”

Kekerasan pada orang Kristen meningkat drastis di "negara-negara gagal".
Ilustrasi. (christianitytoday.com)

SATUHARAPAN.COM – Jumlah orang Kristen dibunuh karena iman mereka pada 2013 dua kali lipat lebih banyak dibanding 2012, menurut laporan terbaru tentang 50 negara pelanggar kebebasan beragama Kristen.

Namun, daftar World Watch List (WWL) 2014 dari Open Doors International—yang mencatat terjadi peningkatan dampak “negara gagal” dan mengungkapkan metodologinya untuk pertama kali—menghitung bahwa tahun ini total martir Kristen jauh lebih rendah dari perkiraan yang dibuat kelompok lain, Christianity Today melaporkan pada Rabu (8/1).

Berdasar data tersebut, 10 negara tempat orang-orang Kristen menghadapi tekanan dan kekerasan paling kuat menurut WWL, adalah Korea Utara, Somalia, Suriah, Irak, Afghanistan, Arab Saudi, Maladewa, Pakistan, Iran, dan Yaman. Korea Utara menduduki daftar ini selama 12 tahun berturut-turut. Dan, ini adalah pertama kalinya bahwa sebuah negara Afrika sub-Sahara menempati peringkat kedua.

“Secara keseluruhan, daftar itu menyebutkan tekanan pada orang-orang Kristen meningkat di 34 negara, menurun di lima negara, dan tetap hampir sama di sisa 14 negara,” laporan World Watch Monitor. Tingkat penganiayaan “meningkat secara serius” di delapan negara: Suriah, Irak, Pakistan, Sudan, Libya, Mesir, Kolombia, dan Kazakhstan. Sebaliknya, itu “berkurang jauh” di dua negara: Mali dan Tanzania.

Debut terbesar pada daftar ini: Republik Afrika Tengah (CAR), tempat perselisihan antara Muslim dan Kristen yang membuat satu juta orang mengungsi. Perang saudara ini juga mengancam akan menyebar ke luar perbatasan, PBB baru-baru ini memperingatkan.

“Seperti Mali tahun lalu, CAR menunjukkan seberapa cepat negara yang tampaknya stabil dapat hancur dan minoritas Kristen atau bahkan mayoritas menuju ambang kepunahan,” kata Open Doors dalam siaran persnya. CAR menduduki peringkat ke-16 sebagai negara yang orang Kristen hidup di dalamnya—sebelumnya CAR tidak masuk peringkat. Ini seperti Mali yang masuk ke ranking ke-7 tahun lalu. Kini Mali ada di peringkat ke-33 sebagai negara yang “kejam” terhadap orang Kristen.

Ketika hanya insiden kekerasan—pembunuhan, pemerkosaan, penculikan dan pembakaran gereja—dinilai, CAR menduduki peringkat pertama di seluruh dunia, diikuti oleh Suriah (yang menghasilkan jauh lebih banyak martir). Ini termasuk Pakistan, Mesir, Irak, Myanmar, Nigeria, Kolombia, Eritrea, dan Sudan. Peringkat keseluruhan WWL termasuk kekerasan fisik dan tekanan lainnya terhadap umat Kristen. Dan, Open Doors mencatat bahwa kekerasan bukanlah bentuk paling umum dari penganiayaan agama.

Peningkatan pesat peringkat CAR digambarkan melalui peningkatan penganiayaan akibat “negara gagal,” menurut Open Doors. Enam dari 10 negara “kejam pada orang Kristen” versi WWL—Somalia, Suriah, Irak, Afghanistan, Pakistan, dan Yaman—masuk definisi negara gagal. Yaitu, “negara lemah dengan struktur sosial dan politik telah runtuh ke titik pemerintah hanya memiliki sedikit atau tidak ada kontrol.”

Laporan menunjukkan “pentingnya keadaan stabil sebagai penjaga kebebasan beragama,” kata Ronald Boyd-MacMillan, petugas strategi kepala yang mengawasi WWL, dalam sebuah wawancara yang dirilis oleh organisasi.

Tren tahun lalu yang terus meningkat adalah penganiayaan di negara-negara Afrika dan ekstremisme Islam, yang mendorong penganiayaan di 36 dari 50 negara WWL, menurut laporan baru.

Sri Lanka (No 29) dan Bangladesh (No 48) juga bergabung dengan Daftar 2014. Sedangkan Azerbaijan, Uganda, dan Kyrgyzstan turun seluruhnya. Tanzania turun secara signifikan dari No 24 menjadi No 49, sedangkan Kolombia naik dari No 46 sampai Nomor 25.

Laporan menghitung total 2.123 orang Kristen tewas pada 2013, kira-kira dua kali jumlah pada 2012. Suriah dan Nigeria memimpin dengan 1.213 dan 612 martir, masing-masing, diikuti Pakistan (88), Mesir (83), Angola (16), Niger (15), Irak (11), CAR (9), dan Kolombia (8).

Tahun ini lebih sulit mengukur jumlah martir Kristen di seluruh dunia. Perkiraan berkisar dari 1.000 hingga 100.000. World Watch Monitor menjelaskan mengapa jumlah WWL sangat rendah.

Dalam menentukan tingkat penganiayaan, metodologi WWL memisahkan penganiayaan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat. Sebuah terobosan laporan pada 2009 oleh Pew Forum on Religion & Public Life menemukan korelasi tinggi antara permusuhan sosial dan pembatasan pemerintah. Christianity Today memetakan perbandingan antara daftar Pew dan WWL.

Open Doors mengklaim WWL adalah “satu-satunya survei tahunan kondisi kebebasan beragama Kristen di seluruh dunia,” dan menjelaskan:

The WWL mengukur tingkat kebebasan Kristen untuk menghayati iman mereka dalam lima bidang kehidupan—pribadi, keluarga, masyarakat, kehidupan berbangsa dan gereja, ditambah bola keenam mengukur tingkat kekerasan. Metodologi menghitung setiap lingkup yang sama dan dirancang khusus untuk melacak struktur dalam penganiayaan, dan bukan hanya insiden.

Untuk pertama kali, Open Doors telah menerbitkan laporan metodologi, juga setelah itu diaudit secara independen oleh International Institute for Religious Freedom, yang memuji penelitian itu.

“Di atas semua, kita ingin orang lain untuk bergabung dan membantu meningkatkan standar kita dan menjadi katalis penelitian pada Gereja Teraniaya, sehingga jumlah pengetahuan kita akan bertambah,” kata Boyd-MacMillan.

Tujuan dari laporan ini adalah untuk menyebabkan orang berdoa dan bertindak atas nama Kristen teraniaya, katanya, “Ini menciptakan kesadaran dan memerlukan respons strategis. Dan, penelitian besar adalah satu-satunya cara supaya orang bergerak untuk bertindak dalam kasih.”

Brian Grim, peneliti agama senior di Pew Research Center, mengatakan kepada World Watch Monitor kabar baik di balik laporan tersebut:

Laporan seperti World Watch List merangsang diskusi dan tindakan di antara kelompok-kelompok seperti PBB, Parlemen Eropa, dan Kongres AS. Pada 2011 saja, sumber yang digunakan dalam penelitian Pew Research terbaru melaporkan bahwa 76 persen negara-negara memiliki inisiatif pemerintah atau masyarakat untuk mengurangi pembatasan atau permusuhan agama.

Christianity Today melaporkan pada peringkat WWL pada 2009, 2012, dan 2013, termasuk sorotan yang paling sulit untuk percaya. Christianity Today juga mencatat betapa Departemen Luar Negeri AS tidak setuju pada negara yang masuk daftar WWL yang layak mendapat kecaman karena memperlakukan minoritas agama secara buruk. Terutama secara ironis, banyak negara didaftar  WWL bersikap buruk pada orang Kristen, tetapi distribusi Alkitab cukup baik.

Berikut adalah ringkasan dari 2014 World Watch List dan bagaimana negara-negara mengubah peringkat dari 2013. Deskripsi penganiayaan di seluruh 50 negara dapat ditemukan di sini

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home