Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:17 WIB | Senin, 06 April 2015

Di Depan Pengusaha, Menko Maritim Sindir Menteri Susi

Kapal asing yang ditenggelamkan karena terbukti melakukan aksi penangkapan ikan secara ilegal. (Foto: istimewa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo menyindir Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang bangga telah menenggelamkan kapal asing yang terbukti melakukan penangkapan illegal di perairan Indonesia.

“Jadi kalau kita menenggelamkan kalau (kapal) melanggar aturan dan UU no 45 2009 tentang perikanan khususnya pasal 29 tentang perikanan, ya kita tenggelamkan saja. Tapi jangan ribut-ribut. Ga usah show off!” kata dia dalam diskusi Potensi, Peluang Usaha dan Pembiayaan di Bidang Maritim di Menara Kadin Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan, Senin (6/4).

Menurutnya, penenggelaman kapal itu sebenarnya sudah tercantum dalam Undang-undang dan bukanlah hal yang baru dalam bidang kelautan.

Namun, dia juga mengapresiasi Menteri Susi karena dalam laporannya telah menenggelamkan 28 kapal yang terbukti melakukan penangkapan ikan secara illegal di perairan Indonesia meskipun ada satu kapal yang lolos dari penenggelaman karena dalam hasil persidangan hanya ada satu dakwaan yang terbukti dari tiga dakwaan yang dituduhkan.

“Walaupun kemarin ada Ibu Susi merasa kecewa kapal Hai Fa dilepas ya karena kalau sudah masuk ke peraturan, ini harus kuat. Ternyata ada saksi ahli yang tidak bisa datang ke Ambon ya lolos. Dari tiga dakwaan hanya satu yang bisa dibuktikan di pengadilan. Kalau sudah masuk ke yuridiksi kasus pengadilan ya saya kira sudah bukan peran dari eksekutif lagi.”

 

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home