Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:38 WIB | Kamis, 30 Juli 2015

Di Meksiko, Buang Sampah Sembarangan Dipenjara

Para pejabat di kota San Nicolas de los Garza Meksiko memasang billboard besar dengan foto dan nama seorang pria yang ditangkap karena membuang sampah sembarangan. (Foto: efe.com)

MONTERREY, SATUHARAPAN.COM - Sebuah kota di Meksiko utara mengambil langkah signifikan untuk menghukum orang yang membuang sampah sembarangan, dengan memasang foto mereka pada billboard disertai tulisan “ditahan karena bersikap seperti babi”.

Langkah tersebut diberlakukan pertama kali pada hari Rabu (29/7) di San Nicolas de los Garza, kota di pinggiran pusat industri Monterrey, tempat gambar seorang pria botak dipampang di jalanan.

Hukuman tersebut akan dijatuhkan terhadap mereka yang tertangkap sudah tiga kali membuang sampah sembarangan. Mereka juga akan menghadapi denda dan penahanan administratif di kantor polisi.

“Mereka akan dihukum dengan memasang gambar mereka disertai nama lengkap di papan pengumuman,” kata Wali Kota Pedro Salgado kepada media lokal.

“Kami harus mengubah budaya kebersihan di kota,” ujar Salgado, yang mendukung langkah tersebut ketika ditanya apakah langkah tersebut melanggar HAM.

Di Meksiko, truk-truk sampah beroperasi di pagi hari, membunyikan bel sehingga orang-orang bisa membuang sampah mereka. Tapi banyak yang meninggalkan sampah mereka di jalanan pada malam hari.

Salgado mengatakan bahwa banyak dari sampah-sampah yang dibuang di jalanan membuat saluran pembuangan dan sistem drainase tersumbat hingga menyebabkan banjir selama musim hujan. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home