Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 23:10 WIB | Jumat, 27 Desember 2019

Di Tengah Krisis Lebanon Hadapi Pelarian Modal

Pound Lebanon. (Foto ilustrasi: Ist)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Gubernur bank sentral Lebanon yang kekurangan uang mengatakan dia akan menyelidiki laporan transfer uang dalam jumlah besar ke luar negeri, yang jika dikonfirmasi, akan menandai pelanggaran pembatasan perbankan yang membatasi transaksi tersebut.

"Kami akan melakukan segala yang diizinkan oleh hukum untuk menyelidiki semua transfer (luar negeri) yang terjadi pada 2019," kata Riad Salameh setelah pertemuan dengan anggota parlemen, hari Kamis (26/12).

"Jika ada dana mencurigakan, kami akan dapat mengetahuinya," katanya. Salameh mengatakan bahwa ada banyak pembicaraan tentang "politisi, pegawai negeri senior dan pemilik bank" yang terlibat dalam pelarian modal. Dia menambahkan bahwa penyelidikan diperlukan untuk mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab.

Dihadapkan dengan krisis likuiditas dolar AS, bank-bank Lebanon sejak September memberlakukan pembatasan yang semakin ketat pada penarikan dolar dan transfer ke luar negeri dalam upaya untuk menghemat cadangan mata uang asing yang semakin tipis.

Hal ini telah memicu ketegangan di negara yang dililit utang itu, di mana gerakan protes selama dua bulan menuntut pemecatan para pemimpin politik yang dianggap tidak kompeten dan korup.

Para aktivis mengatakan penarikan oleh deposan biasa membuat krisis likuiditas yang diperburuk oleh politisi, pegawai negeri senior dan pemilik bank yang menggunakan pengaruh mereka untuk mendapatkan tabungan besar dan kuat mereka keluar negeri. Banyak pemimpin puncak negara itu memiliki, atau memiliki saham besar, di beberapa bank.

Setelah bertemu Salameh pada hari Kamis, Hasan Fadlallah, anggota blok parlemen Hizbullah yang kuat dari kelompok Syiah, mengatakan mereka membahas cara-cara mendapatkan kembali dana yang ditransfer ke luar negeri karena melanggar pembatasan.

"Kita berbicara tentang 11 miliar dolar AS," kata Fadlallah, tanpa menyebutkan siapa yang melakukan transfer semacam itu atau kapan itu terjadi. Jika dana diambil "kami akan memiliki likuiditas dan ini akan memungkinkan warga biasa mengakses uang mereka," tambahnya, seperti dikutip AFP.

Ketika gerakan protes Lebanon memasuki bulan ketiga, para demonstran semakin menargetkan bank-bank untuk mengambil tabungan mereka. Sebuah laporan oleh lembaga think tank Carnegie pada bulan November mengatakan bahwa hampir 800 juta dolar AS dana meninggalkan Lebanon antara 15 Oktober dan 7 November, ketika sebagian besar warga negara tidak dapat mengakses dana mereka, karena bank ditutup karena protes.

Sebagai akibat dari kontrol modal informal, nilai tidak resmi pound Lebanon terhadap dolar AS telah turun sekitar 30 persen. Mata uang Lebanon telah dipatok di sekitar 1.500 per dolar AS selama dua dekade, dan kedua mata uang tersebut digunakan secara bergantian dalam kehidupan sehari-hari.

Menanggapi pertanyaan tentang masa depan nilai tukar pound Lebanon di pasar paralel, Salameh mengatakan, "Tidak ada yang tahu." Komentar itu tidak khas sebagai gubernur bank sentral, yang telah berulang kali menyatakan bahwa pound stabil.

Krisis ekonomi Lebanon saat ini adalah yang terburuk sejak perang saudara 1975-1990. Ekonomi yang goyah juga telah mendorong banyak perusahaan bangkrut, sementara yang lain telah memecat staf dan memangkas gaji.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home