Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:55 WIB | Rabu, 02 September 2020

Di Tengah Normalisasi Hubungan dengan Israel, UEA Ingin Miliki Pesawat Tempur Siluman

Sebuah jet tempur F-35 Angkatan Udara Israel terbang selama demonstrasi udara pada upacara kelulusan pilot Angkatan Udara Israel di pangkalan udara Hatzerim di Israel selatan, 27 Desember 2017. (Foto: dok. Reuters)

ABU DHABI, SATUHARAPAN.COM-Di tengah pembicaraan normalisasi bersejarah antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA), para pejabat Amerika Serikat mengunjungi pangkalan udara Abu Dhabi yang menampung jet siluman AS yang diharapkan dapat dibeli oleh negara Teluk itu meskipun Israel keberatan.

Penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner, bertemu dengan pejabat militer UEA di pangkalan udara Al Dhafra UEA, tempat AS menyimpan beberapa pesawat tempur siluman canggih F-35, menyoroti upaya bertahun-tahun UEA untuk mendapatkan pesawat tersebut.

Israel, yang memiliki F-35, telah menolak keras kekuatan Timur Tengah lainnya yang mendapatkan pesawat itu, dengan alasan undang-undang AS yang harus mempertahankan keunggulan militer di wilayah tersebut.

Kushner, menantu Presiden AS, Donald Trump, tiba di negara Teluk Arab pada hari Senin (31/8) dalam perjalanan dua hari dengan delegasi Israel untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat UEA menyusul kesepakatan 13 Agustus yang ditengahi AS untuk menormalkan hubungan.

Negara Teluk, salah satu sekutu terdekat Washington di Timur Tengah, telah lama menyatakan minatnya untuk memperoleh jet tempur yang dibuat oleh Lockheed Martin Corp, yang telah digunakan Israel dalam pertempuran.

UEA Berminat Miliki F-35

Menteri Luar Negeri UEA, Anwar Gargash, mengatakan normalisasi harus menghilangkan "rintangan apa pun" bagi Amerika Serikat untuk menjual F-35 ke UEA. Seorang pejabat UEA mengatakan kunjungan ke pangkalan udara Emirat, yang juga digunakan AS, di dekat ibu kota UEA, Abu Dhabi, tidak terkait dengan masalah F-35, sementara yang lain memuji kerja sama militer AS-UEA selama tiga dekade.

"Hubungan kami telah dibangun atas dasar kepercayaan dan saling mendukung," kata Mayor Jenderal Falah al-Qahtani. "Kami telah berdiri bersama untuk melawan ekstremisme dalam segala bentuknya."

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan pada hari Senin penjualan pesawat F-35 bukan bagian dari kesepakatan dengan UEA, menggarisbawahi keprihatinan Israel untuk tidak mencairkan aksesnya ke sistem persenjataan canggih Amerika di wilayah tersebut. "Amerika mengakui itu. Posisi kami tidak berubah," kata Netanyahu.

Dia mengatakan bahwa penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Robert O'Brien, menjelaskan kepadanya selama kunjungan ke Israel pekan ini bahwa Amerika Serikat berkomitmen untuk menjaga keunggulan militer Israel di wilayah yang bergejolak.

Amerika Serikat telah menjual F-35 kepada sekutu termasuk Turki, Korea Selatan, Jepang, dan Israel.

"Masalah F-35 adalah permintaan lama UEA dan sama sekali bukan pendorong untuk mencapai kesepakatan ini," kata Jamal Al-Musharakh, kepala perencanaan kebijakan dan kerja sama internasional di kementerian luar negeri UEA, kepada wartawan.

Kushner, yang melakukan perjalanan ke Bahrain dari UEA pada hari Selasa (1/9), mengatakan dia berharap negara Arab lain akan menormalkan hubungan dengan Israel dalam beberapa bulan.

Tidak ada negara Arab lain yang mengatakan sejauh ini mempertimbangkan untuk mengikuti UEA. Beberapa telah mengesampingkan normalisasi dalam kondisi saat ini. Hanya dua negara Arab lainnya yang telah menjalin hubungan penuh dengan Israel, Mesir pada tahun 1979 dan Yordania pada tahun 1994. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home