Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:16 WIB | Kamis, 11 Januari 2018

Dialog Antar-Korea Rampungkan 3 Kesepakatan

Kepala delegasi Korea Utara, Ri Son Gwon (kiri), dan kepala delegasi Korea Selatan, Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon, bersalaman dalam pertemuan di Panmunjom, 9 Januari 2018. (Foto: fortune.com)

PANMUNJOM, SATUHARAPAN.COM – Pejabat tinggi dari Korea Selatan dan Korea Utara merampungkan perbincangan dengan tiga poin kesepakatan. Dialog tingkat menteri itu diadakan selama sekitar sebelas jam diselingi jeda pada hari Selasa (9/1/2018) di Panmunjom, sebuah desa di garis demarkasi militer yang memisahkan kedua negara.

Pernyataan media bersama menyatakan Korea Utara akan mengirim atlet, pejabat tinggi, pemandu sorak, serta seniman pertunjukan ke Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang, Korea Selatan.

Kedua Korea akan melangsungkan dialog militer untuk membantu meredam ketegangan dan mengaktifkan ulang hubungan di berbagai bidang.

Pernyataan itu juga menyebutkan kedua pihak akan bertujuan untuk menyelesaikan semua isu bilateral melalui dialog sebagai satu bangsa. Korea Selatan telah mengusulkan membuat persiapan bagi melanjutkan kembali reuni keluarga-keluarga yang terpisah akibat Perang Korea. Namun, para delegasi gagal mencapai kesepakatan dalam hal ini.

Kepala delegasi Korea Utara, Ri Son Gwon, dilaporkan mengutarakan ketidakpuasan yang kuat saat pihak Korea Selatan menyinggung program nuklir Pyongyang. Ri juga dikatakan telah mengulangi permintaan kepada Seoul untuk menghentikan kegiatan militer bersama Amerika Serikat.

Kepala delegasi Korea Selatan, Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon, memuji pertemuan itu sebagai hal yang penting guna mengembalikan dan mengembangkan hubungan bilateral. Cho mengatakan langkah pertama telah diambil dalam menangani banyak tugas. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati

Back to Home