Loading...
MEDIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:33 WIB | Jumat, 20 November 2015

Dianggap Tidak Pantas, India Sensor Film James Bond Spectre

Pengendara sepeda motor melintas di depan sebuah gedung yang memasang gambar film terbaru James Bond, Spectre, yang akan mulai tayang hari Jumat, 20 November di India. (Foto: bbc.com)

MUMBAI, SATUHARAPAN.COM - Lembaga sensor India menyensor adegan ciuman panjang dalam film James Bond terbaru, Spectre, yang mulai tayang di India pada hari Jumat (20/11).

Badan sertifikasi film yang berkantor di Mumbai (CBFC) itu beralasan memotong dua adegan dalam film Spectre karena tidak cocok untuk penonton di negara itu.

Menurut mereka, keputusan itu memastikan bahwa film itu patuh pada ketentuan sertifikasi film untuk penonton usia 12 tahun yang menonton ditemani orang dewasa.

Sementara itu, pihak Sony Pictures Entertainment yang mengedarkan film itu memastikan bahwa memang ada pemotongan beberapa detik dalam film tersebut, termasuk adegan ciuman antara pemeran Bond, Daniel Craig dengan aktris Monica Belluci.

Keputusan lembaga sensor ini menimbulkan reaksi di media sosial, berupa ledekan-ledekan dengan tanda tagar #SanskariJamesBond.

Awal tahun ini CBFC juga melarang peredaran film Fifty Shades of Grey, sekalipun film yang sekiranya akan diedarkan di India itu adalah versi yang berbeda. Berciuman di muka umum dianggap sesuatu yang tidak pantas, terutama oleh masyarakat konservatif di India dan hal itu tidak pernah digambarkan dalam film-film mereka. (bbc)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home