Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 15:48 WIB | Selasa, 09 September 2014

Diplomat Inggris Menikahi Pasangan Sesama Jenis di Tiongkok

Duta Besar Inggris untuk Tiongkok, Sebastian Wood di tengah pasangan yang baru menikah Brian Davidson (kanan) dan Scott Chang. (Foto: weibo.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Konsul Jenderal Inggris di Shanghai menikahi pasangan sesama jenisnya di kediaman Duta Besar di Beijing pada akhir pekan, memicu perdebatan serikat gay di negara ini.

Brian Davidson menikahi pasangan Amerika-nya Scott Chang pada Sabtu (6/9), menurut tulisan di akun microblog yang diverifikasi. Di bawah undang-undang baru, dimungkinkan warga negara Inggris dalam hubungan sesama jenis untuk menikah di konsulat Inggris di 24 negara di seluruh dunia.

Duta Besar Inggris untuk Tiongkok, Sebastian Wood mengunggah foto dirinya berdiri di antara pasangan yang baru menikah.

Wood tersenyum sambil memamerkan kartu merah bertuliskan, “keep calm and carry on”.

“Hari ini saya sangat berbahagia dan bangga menjadi tuan rumah pernikahan sesama jenis dari Brian Davidson di kediaman saya. Saya berharap mereka mendapat kebahagiaan selamanya,” Wood menulis di akun Sina Weibo, microblog mirip Twitter.

Juru bicara kedutaan Inggris di Beijing mengonfirmasikan kepada AFP bahwa pernikahan itu telah terjadi, tetapi mengatakan bahwa pasangan melihat itu sebagai “masalah pribadi”.

Pernikahan ini memicu reaksi beragam di Tiongkok. Walaupun hubungan gay tidak ilegal, mitra homoseksual menghadapi stigma luas dan pernikahan sesama jenis tidak diakui secara resmi.

“Negara itu jelas sakit. Ini seperti hari-hari terakhir Roma,” satu orang menulis di komentar online.

“Saya menghormati budaya gay asing. Tapi itu bukan budaya Tionghoa. Harap hormati itu,” tulis yang lain.

Gaya homoseksualitas di kota-kota besar Tiongkok menjadi lebih terbuka dalam beberapa tahun terakhir. Banyak yang merayakan pernikahan, yang diselenggarakan di taman terbuka pada hari musim gugur yang cerah.

“Ini cinta sejati. Saya berharap mereka baik. Saya juga iri,” tulis salah satu pengguna Sina Weibo. (al ahram)

Artikel tentang pasangan sesama jenis dapat Anda baca juga di:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home