Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 20:02 WIB | Rabu, 30 September 2015

Dishubtrans Siapkan Dua Kapal Gratis untuk Pelajar

Kepala Dishubtrans, Andri Yansyah di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (30/9). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan pembelian dua unit kapal sekolah untuk Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Pembelian tersebut diakomodasi oleh Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta.

Kepala Dishubtrans, Andri Yansyah mengatakan, mereka tengah mengkaji desain rancangan kapal yang telah diajukan untuk selanjutnya bisa diserahkan untuk dilelang di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

“Pengadaan ini untuk tahun 2016, tapi anggarannya tahun ini. Semula rencananya akan dibeli empat kapal, tapi kapal kayu masing-masing muatannya 40 penumpang. Lalu waktu saya masuk jadi kepala dinas, saya mengusulkan untuk membeli kapal yang bagus, yang muatannya masing-masing 100 dan 50 penumpang,” ujar Andri di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (30/9).

Pengadaan kapal gratis untuk siswa-siswi Kepulauan Seribu merupakan hasil musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) lalu. Kala itu, masyarakat mengeluh lemahnya sistem transportasi bagi siswa-siswi yang sekolahnya berada di luar pulau.   

Kapal ini selanjutnya akan disiapkan khusus bagi mereka. Kapal sekolah beroperasi pada Senin hingga Jumat. Sementara saat hari libur, kapal dimanfaatkan sebagai pengangkut wisatawan.

“Namanya kapal sekolah Senin sampai Jumat dikunci untuk sekolah. Tapi sifatnya fleksibel, gratis. Sabtu Minggunya bayar, kan nanti ada rupiah per mil,” ujar Andri. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home