Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 08:15 WIB | Kamis, 10 Desember 2015

Diterpa Isu SARA, Rudy Tetap Menang Pilkada Solo

FX Hadi Rudyatmo (kanan) saat masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta. (Foto: wikipedia.org)

SURAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Walau diterpa isu agama, FX Hadi Rudyatmo, petahana wali kota Surakarta tetap memenangkan pemilihan kepala daerah serentak, Rabu (9/12).

Dalam hitung cepat versi DPC PDIP Surakarta, pasangan FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo hingga pukul 18.30 WIB, sekitar 60,40 persen. Sementara pasangan Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri mendapat 39,60 persen.

Pasangan Rudy-Purnomo sebenarnya menargetkan perolehan 70 persen suara. Berdasarkan laporan Solopos, Sekretaris DPC PDIP Teguh Prakosa mengaku kantong-kantong suara partai tergerus. Salah satu penyebabnya gencarnya sejumlah isu suku agama ras dan antargolongan (SARA) yang dilancarkan pihak lawan. Contoh kasus, Teguh menyebutkan di TPS Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, pada pelaksanaan pemilu legislatif lalu menang mutlak. Namun kini ada sejumlah TPS yang kalah.

“Kami sebenarnya sudah memprediksi akan ada isu SARA dan mengupayakan pendekatan, tetapi gagal,” katanya, Rabu malam. Teguh mengatakan hasil pilkada kali ini akan menjadi bahan evaluasi partai berlambang banteng moncong putih. Salah satunya menyiapkan figur baru di pilkada mendatang.

Rudy pun menyebut hasil tersebut menunjukkan bahwa mesin partai bekerja secara maksimal. Meski demikian, mantan wakil wali kota semasa Presiden Joko Widodo menjabat Wali Kota Surakarta ini tetap menunggu hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ditanya mengenai program kerja yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, Rudy mengatakan lebih dulu melihat postur APBD Kota Solo. Hal ini terkait dengan rencana program yang akan dilaksanakan lima tahun ke depan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home