Loading...
SAINS
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 14:35 WIB | Jumat, 17 Mei 2013

DIY Miliki Pembangkit Listrik Tenaga Angin Pertama di Indonesia

Wind Farm di Hawai, contoh PLTB (dok: Hawai Reporter)

BANTUL, SATUHARAPAN.COM – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang pertama di Indonesia. Pembangunan PLTB ini merupakan hasil kerjasama Indonesia dengan investor asal Amerika Serikat (AS). Hal ini dinyatakan oleh Kedutaan Besar AS atau US Embassy dalam tweetnya pada Jumat (17/5).

PLTB akan menggunakan angin sebagai media utama. Angin yang bertiup ini akan menggerakan turbin angin yang akan menghasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan ini akan dibagi menjadi dua, sebagian langsung disalurkan ke gardu listrik, sebagian lagi disimpan ke dalam sebuah alat sebagai cadangan listrik.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buono X, memastikan hal itu seusai menyetujui investor AS yang akan membangun PLTB ini di Yogya. Dikatakan, sebagai tanda persetujuannya Sultan sudah menghibahkan tanahnya untuk membangun proyek ini.

Proyek ini akan dibangun di Bantul, Yogyakarta, dengan kapasitas listrik yang akan dihasilkan sebesar 50 Megawatt listrik. Rencana proyek ini akan membangun 20 – 25 menara angin. Menara-menara ini nantinya akan menghasilkan 2 Mega Watt listrik per menaranya. Mengenai komposisi bahan yang digunakan, dikatakan akan menggunakan 35 persen bahan lokal dan 65 persen bahan impor.

Saat ini selain Bantul, ada dua daerah lagi yang berpotensi untuk dijadikan sebagai tempat pembangunan PLTB, karena memiliki potensi angin yang cukup besar. Daerah itu adalah Sulawesi Selatan dan Sukabumi. Dikatakan kedua tempat tersebut berpotensi menghasilkan listrik yang lebih besar daripada Bantul.  

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home