Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 11:09 WIB | Senin, 16 Januari 2017

DKI Dapat Kewenangan Kelola Pelabuhan Muara Angke

Ilustrasi. KMP Kundur berukuran 300 GT berkapasitas angkut sekitar 220 orang penumpang, adalah layanan feri PT ASDP menuju sejumlah destinasi Kepulauan Seribu resmi dimulai Sabtu (14/1). (Foto: shipspotting.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, memastikan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah memberikan kewenangan penuh kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengelola Pelabuhan Muara Angke.

"Kewenangan pengelolaan Pelabuhan Muara Angke diberikan pasca terjadinya insiden KM Zahro Express. Kami sudah duduk bersama dengan Kementerian Perhubungan untuk membahas langkah-langkah yang perlu dilakukan," kata Sumarsono, hari Minggu (15/1).

Menindaklanjuti keputusan ini, menurut Sumarsono, Pemprov DKI segera membentuk tim khusus percepatan untuk pelaksanaan Rencana Induk Pelabuhan Muara Angke. Tim ini akan dipimpin Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah

"Dalam rapat kerja (Raker) di atas Kereta Wisata disepakati tim inti beranggotakan 12 orang dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait," ujarnya.

Dijelaskan Sumarsono, terdapat tiga fokus utama dalam rencana induk Pelabuhan Muara Angke.

Pertama, peningkatan sarana dan prasarana. Nantinya, akan ada bantuan dari Pelni dan ASDP dengan tetap mengakomodir kapal-kapal tradisional atau kapal rakyat.

Kedua, pembenahan manajemen pelabuhan yang akan dibuat secara online.

Ketiga, pembenahan kepemilikan kawasan. Sehingga, dapat terealisasi pembangunan Kawasan Terpadu Pelabuhan Muara Angke. (beritakajakarta.com)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home