Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 12:33 WIB | Selasa, 30 Juni 2015

DKI Jadi Provinsi Pertama Pemilik Portal Data Terbuka

Ilustrasi portal open data. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan portal open data hari ini (30/6). Melalui peluncuran ini, DKI menjadi provinsi pertama yang memiliki portal data terbuka. Keterbukaan informasi ini diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemprov DKI.

Kepala Bidang Pengelola Informasi Publik Diskominfomas Raides Aryanto mengatakan Jakarta menjadi provinsi pertama yang memiliki portal open data. Namun di tingkat kota, Banda Aceh telah memilikinya terlebih dahulu.

"Kalau di tingkat provinsi, kami yang pertama kali memiliki portal open data ini," kata Raides, di Balai Kota, Senin (29/6).

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta telah berkontribusi mengirimkan data kepada open data nasional. "Sebanyak 30 persen data set (kumpulan data) di open data nasional adalah dari DKI Jakarta," ujarnya.

Pembuatan open data ini, menurut Raides, bermula dari kesulitannya mencari data dari setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Dengan adanya open data ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk mencari data-data yang diperlukan.

"Kekurangan kita di bidang kehumasan dan teman-teman media, khususnya media di DKI kesusahan mendapat informasi dari SKPD. Makanya, kita buat open data ini," ucapnya.

Nantinya setiap SKPD akan diberikan login untuk dapat menginput data sendiri di portal data.jakarta.go.id, sehingga memudahkan SKPD untuk bisa memasukkan data yang dimiliki. Menurut Raides, data yang telah diinput akan diverifikasi dan validasi terlebih dahulu oleh tim yang digagas oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) gubernur.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Statistik Data dan Informasi Pembangunan Bappeda Sonti Pangaribuan mengatakan open data ini dibuat sebagai transparansi sehingga bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Ini sebagai transparansi dengan tujuan menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Dengan demikian masyarakat bisa ikut berpartisipasi menggunakan data yang tersedia," kata Sonti. (beritajakarta.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home