Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Saut Martua Amperamen 10:10 WIB | Sabtu, 29 Juli 2017

Donald Trump Pecat Kepala Staf Gedung Putih

Donald Trump dan John Kelly (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memberhentikan Kepala Staf Gedung Putih, Reince Priebus. Sebagai penggantinya ia menunjuk John Kelly, yang saat ini menjadi menteri keamanan nasional.

"Dengan senang hati saya menginformasikan kepada Anda bahwa saya baru saja mengangkat Jenderal/Menteri Keamanan Nasional John F. Kelly sebagai Kepala Staf Gedung Putih. Ia adalah seorang Amerika yang hebat dan seorang pemimpin yang hebat. John juga telah melakukan tugas spektakuler di Kementerian Keamanan Dalam Negeri. Ia merupakan bintang sejati pemerintahan saya," demikian Trump berkata lewat akun Twitternya pada hari Sabtu (29/07).

Sementara itu dalam tweet terpisah, Trump mengucapkan terimakasih kepada Priebus atas pelayanan dan dedikasinya kepada negara. Namun ia tidak menyinggung ketegangan yang terjadi atas persahabatan mereka.

Priebus belakangan ini menjadi sasaran kritik dari para loyalis Trump karena ia dianggap gagal membantu presiden memenangkan legislasi di Kongres, diantaranya untuk menggugurkan Obamacare.

Sebagai kepala staf yang baru, Kelly akan mulai bekerja pada hari Senin (31/07). Menurut Sarah Sanders, jurubicara Gedung Putih, seluruh jajaran pemerintah mendukung Kelly.

Trump berulang kali memuji Kelly atas kiraphnya di Kementerian Kemanan Dalam Negeri, termasuk dalam memperketat kendali dan larangan perjalanan bagi enam negara Muslim yang saat ini menjadi sasaran gugatan.

Namun Kelly dan Trump sempat bentrok pekan lalu ketika dia, bersama sejumlah penasihat keamanan berbicara di Aspen Security Conference dan secara publik membenarkan kesimpulan komunitas intelijen AS bahwa Rusia melakukan campur tangan atas pemilu 2016 

Atas penunjukannya, Kelly mengucapkan terimakasih dan merasa terhormat terpilih sebagai kepala staf Gedung Putih. Ia merupakan salah satu jenderal di lingkaran dalam Trump, disamping Menteri Pertahanan, Jim Mattis dan H.R. McMaster, penasihat keamanan nasional Trump.

Editor : Eben E. Siadari

Back to Home