Loading...
RELIGI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 20:25 WIB | Senin, 22 Desember 2014

DPD Dukung Bamagnas Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Ketua DPD Irman Gusman. (Foto: dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengapresiasi lahirnya organisasi masyarakat (ormas) Badan Musyawarah Antar Gereja-gereja Nasional (Bamagnas) sebagai organisasi yang melakukan komunikasi antar umat kristian, juga antar umat beragama lainnya.

Ketua DPD Irman Gusman sambut baik kedatangan pengurus Bamagnas kemarin di kantornya. Ia menyatakan dukungan penuh terhadap Bamagnas untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

“DPD tentu dukung sekali apa yang dilakukan Bamagnas sebagai komponen di masyarakat, yang nanti kita harapkan bisa melakukan komunikasi dengan umat beragama lainnya, dalam rangka menjaga kerukunan beragama supaya mereka merasa di rumahnya sendiri atau feel at home di negara ini,” kata Irman saat ditemui di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/12).

Ketua DPD itu pun berharap, ormas yang belum genap setahun berdiri ini dapat menjalankan proses konsolidasi terhadap umat beragama, juga hubungan internal di agama Kristen. “Ini penting sekali dalam rangka membangun masyarakat yang damai dan demokratis,” kata dia.

Senator dari Sumatera Barat ini juga menyatakan apresiasi terhadap visi dari Bamagnas yang punya program menghimpun pendapat dari gereja-gereja yang ada di daerah dan bisa diaspirasikan ke pemerintahan dan parlemen nantinya.

“Ini tentu memberikan kontribusi agar tercipta kerukunan antar umat beragama secara interagama dan antaragama baik masalah internal maupun eksternal,” kata dia.

Kristen Punya Wadah

Irman menambahkan, setiap agama punya banyak aliran begitu pun Kristen, maka dari itu harus ada wadah yang membawahi komunikasi agar tidak terjadi salah paham atau missed komunikasi, kehadiran ormas Bamagnas ini saya rasa baik sekali.

Irman pun menegaskan setiap masyarakat Indonesia punya hak yang sama dalam berekspresi dan mengembangkan dirinya. “Apa pun agamanya dan sukunya dia dapat berekspresi secara maksimal, sehingga akan melahirkan masyarakat Indonesia yang unggul dan berdaya saing tinggi,” ujar dia.

Menurut Ketua DPD ini, kehidupan antar agama sudah tercantum dalam dasar negara Pancasila yang menjadi wadah masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sesuai dengan Pancasila, lanjut Irman, kalau sila pertama Tuhan Yang Maha Esa, maknanya adalah religiusitas dalam diri manusia.

"Sila kedua itu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, intinya adalah humanitas. Sila ketiga Persatuan Indonesia berarti soliditas, keempat adalah tentang kerakyatan artinya demokrasi, masyarakat mesti musyawarah dan mufakat, yang terakhir keadilan sosial itu bentuk dari solidaritas kebersamaan," Irman menjelaskan.

Bangun Koordinasi dengan DPD

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bamagnas Pendeta Japarlin Marbun menyatakan DPD bersama Bamagnas akan melakukan koordinasi dengan perwakilan DPD di daerah-daerah untuk membangun masyarakat yang sesuai dengan dasar Bhinneka Tunggal Ika yang mewujudkan masyarakat adil, makmur, sejahtera dan bahagia.

“DPD akan berkoordinasi dengan DPD di daerah se-Indonesia untuk membangun daerah sesuai UUD 1945 agar menjadikan masyarakat utuh untuk kita bangun bersama, internal dan eksternal dengan dasar Bhinneka Tunggal Ika, makmur, adil, sejahtera dan bahagia,” ujar dia.

Komentar senada juga disampaikan Ketua Pelaksana Harian Bamagnas Timotius Hardono, dia menyatakan akan terus melakukan pembangunan jejaring yang baik di daerah antar Bamag daerah dengan DPD di seluruh daerah Indonesia.

“Jadi karena DPD adalah perwakilan daerah, Bamagnas di berbagai daerah di seluruh provinsi akan membangun jejaring yang baik dengan mereka aspirasi mereka baik di berbagai daerah dan secara nasional,” kata dia.

Timotius mengungkapkan ormasnya diterima baik oleh ketua DPD, dan menyatakan Ketua DPD siap berkoordinasi dan berkolaborasi terhadap program-program pemerintah di daerah dengan Bamagnas.

“Merasa senang dan disambut baik oleh Ketua DPD, dan beliau menyatakan kesiapan untuk berkolaborasi dengan Bamagnas jika ada kegiatan-kegiatan pemerintah di daerah,” ujar dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home