Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 17:32 WIB | Rabu, 26 Oktober 2016

DPR Ingatkan Pemerintah Perhatikan Pemerataan Pembangunan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Heri Gunawan (Foto: Dok Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Heri Gunawan mengingatkan pemerintahan Jokowi-JK agar memperhatikan trend kenaikan pendapatan warga dengan pemerataan ekonomi sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial.

"Pujian Bank Dunia terhadap pemerintah Indonesia yang berhasil mengentaskan kemiskinan, perlu dicermati lebih dalam," kata Heri Gunawan dalam siaran persnya di Jakarta pada hari Rabu (26/10).

Menurut dia, turunnya angka kemiskinan karena naiknya pendapatan warga di Indonesia bila tidak diikuti oleh kebijakan yang tepat justru menyiratkan proyeksi ketimpangan ekonomi yang akan terjadi hingga tahun 2030.

"Pertumbuhan yang ada lebih dinikmati oleh 20 persen masyarakat terkaya sedangkan 80 persen penduduk atau lebih dari 205 juta orang, rawan tertinggal," kata dia.

Dia juga mengingatkan pemerintah agar memiliki kebijakan yang tepat sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial yang lebar.

"Yang mesti mendapat perhatian serius adalah struktur perekonomian Indonesia secara fundamental yang masih menunjukkan ketimpangan pembangunan, secara spasial. Perekonomian nasional masih didominasi Jawa dan Sumatera yang memberi kontribusi masing-masing 58,52 persen dan 23,88 persen terhadap PDB," kata dia. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home