Loading...
MEDIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:44 WIB | Senin, 30 Maret 2015

DPR Tingkatkan Kerja Sama dengan Wartawan

Ketua DPR RI Setya Novanto. (Foto: dok. satuharapan.com)

JAWA BARAT, SATUHARAPAN.COM – Wartawan memiliki peran penting dalam mempublikasikan kegiatan di lingkungan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Banyak isu nasional dam isu penting yang perlu diinformasikan Anggota Dewan kepada masyarakat melalui wartawan, sehingga kerja sama antara DPR dan wartawan terasa sangat penting.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPR RI, Setya Novanto, saat memberi sambutan dalam acara Press Gathering bersama Wartawan Koordinatoriat DPR RI bertajuk Sinergi DPR Mewujudkan Parlemen Modern, di Cipanas Jawa Barat, Jumat (27/3).

“Suatu kebahagiaan karena saya bisa bertemu bersama para wartawan. Saya akui, saya bisa menjadi Ketua DPR pun tak lepas dari peran wartawan dan media. Kami berharap kerja sama penting ini dilanjutkan,” kata Novanto.

Pada kesempatan itu, Politisi Fraksi Golkar tersebut menyampaikan program terdekat, yakni membenahi DPR menuju Parlemen Modern. Untuk itulah beberapa konsentrasi pembenahan yang akan segera dilakukan.

Novanto menjelaskan, DPR akan menciptakan informasi yang benar-benar terbuka kepada masyarakat. Selain itu, media Parlemen, seperti website, majalah, ataupun TV Parlemen, akan dilengkapi menjadi lebih baik lagi, sehingga kepentingan rakyat dapat diketahui secara cepat.

Dalam Parlemen Modern ini, setiap Anggota Dewan akan mempunyai website pribadi agar masyarakat mengetahui rekam jejak DPR. “Jika di dapilnya ada masalah, masyarakat dapat mengakses website masing-masing Anggota Dewan supaya komplain dapat disampaikan kepada anggota. Sekarang juga sedang kita siapkan semuanya,” ujar politisi fraksi Golkar tersebut.

Selain itu, DPR juga sedang menyiapkan tempat pengaduan masyarakat. Dalam waktu kurang dari satu bulan lagi dapat dioperasikan. Tempat pengaduan ini juga berguna untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Novanto juga menyoroti masalah kesejahteraan, baik kesejahteraan para staf Sekretariat Jenderal maupun Wartawan Koordinatoriat DPR RI

“Empat bulan jadi Pempinan DPR, saya melihat begaimana kesejahteraan di Sekretariat Jenderal, termasuk Wartawan Koordinatoriat DPR RI. Pertama menjabat, saya mengunjungi pressroom. Saya lihat-lihat ada yang perlu diperbaiki agar ruang pressroom lebih baik lagi,” tambah Novanto.

Sebagai penutup, Novanto berpesan agar kekompakan DPR dan wartawan dapat terus terjalin. “Saya berharap, kekompakkan tetap berjalan dengan sebaik-baiknya. Wartawan adalah sesuatu yang penting dan urgent sehingga persahabatan DPR dan wartawan dapat ditingkatkan. Mudah-mudahan kerja sama ini dapat berjalan terus. Kerja sama yang masih jadi kekurangan ini akn kita perbaiki,” ujarnya. (dpr.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home