Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:49 WIB | Sabtu, 09 Januari 2021

Drama Panjang Kekalahan Trump dan Hasutannya Memicu Kerusuhan di Capitol

Anggota Garda Nasional Amerika Serikat tiba untuk mengamankan area di luar gedung Capitol AS, hari Rabu (6/1/2021) di Washington DC. (Foto: AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Ratusan pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyerbu gedung Capitol pada hari Rabu (6/1) dalam upaya untuk membatalkan kekalahan pemilihannya. Mereka menduduki simbol demokrasi Amerika Serikat dan memaksa Kongres untuk menangguhkan sidang untuk mengesahkan kemenangan Presiden terpilih, Joe Biden.

Para perusuh menerobos melewati barikade keamanan, memecahkan jendela dan dinding untuk berjuang menuju Capitol, tempat mereka menjelajahi lorong dan berkelahi dengan petugas polisi.

Beberapa mengepung kamar anggota Kongres sementara anggota parlemen berada di dalam, mereka menggedor-gedor pintunya. Petugas keamanan menumpuk furnitur ke pintu kamar dan mengeluarkan pistol mereka sebelum membantu anggota parlemen melarikan diri.

Polisi berjuang selama lebih dari tiga jam setelah invasi untuk membersihkan Capitol dari pendukung Trump sebelum mengumumkan gedung itu aman tak lama setelah pukul 17:30 waktu setempat.

Seorang perempuan dilaporkan tewas setelah ditembak dalam kekacauan itu, kata polisi Washington DC, meskipun korban tidak disebutkan namanya dan situasinya tidak jelas. FBI mengatakan telah melucuti dua perangkat peledak yang dicurigai.

Serangan di Capitol adalah puncak dari retorika yang memecah belah dan meningkat selama berbulan-bulan sekitar pemilihan 3 November, dengan Trump berulang kali membuat klaim palsu bahwa pemungutan suara itu dicurangi dan mendesak para pendukungnya untuk membantunya membalikkan kekalahannya.

Hasutan Trump

Adegan kacau terungkap setelah Trump, yang sebelum pemilihan menolak untuk berkomitmen dalam transfer kekuasaan secara damai jika dia kalah, berbicara kepada ribuan pendukungnya di dekat Gedung Putih dan mengatakan kepada mereka untuk berbaris di Capitol untuk mengungkapkan kemarahan mereka pada proses pemungutan suara.

Dia mengatakan kepada pendukungnya untuk menekan pejabat terpilih mereka untuk menolak hasil, mendesak mereka "untuk melawan."

Trump mendapat kecaman intensif dari beberapa tokoh Republik di Kongres, yang menuduhnya menyulut kekerasan hari itu sebagai tanggung jawab di pundaknya.

“Tidak diragukan lagi Presiden yang membentuk massa, Presiden menghasut massa, Presiden berbicara kepada massa. Dia menyulut apinya,” kata Ketua Konferensi Partai Republik, Liz Cheney di Twitter.

Senator Republik, Tom Cotton, seorang konservatif terkemuka dari Arkansas, meminta Trump untuk menerima kekalahannya dalam pemilihan dan "berhenti menyesatkan rakyat Amerika dan menolak kekerasan massa."

Trump Mungkin Dipecat

Sebuah sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan telah ada diskusi di antara beberapa anggota Kabinet dan sekutu Trump tentang penerapan Amandemen ke-25, yang akan memungkinkan mayoritas Kabinet untuk menyatakan Trump tidak dapat melakukan tugasnya dan memecatnya. Sumber kedua yang mengetahui upaya itu meragukan upaya itu akan berhasil karena Trump hanya memiliki dua pekan lagi di kantor.

Kedua majelis Kongres melanjutkan debat mereka tentang sertifikasi kemenangan Biden di Electoral College pada hari Rabu malam.

Dengan cepat menjadi jelas bahwa keberatan dari anggota parlemen pro Trump terhadap kemenangan Biden di negara-negara yang menjadi medan pertempuran akan sangat ditolak, termasuk oleh sebagian besar Partai Republik, dan bahwa hasil pemilu akan disahkan.

"Kepada mereka yang mendatangkan malapetaka di Capitol hari ini, Anda tidak menang," kata Wakil Presiden, Mike Pence, yang memimpin sesi tersebut, saat sesi dilanjutkan. “Ayo kembali bekerja,” katanya, mendapat tepuk tangan.

Pemimpin Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell, yang tetap bungkam sementara Trump berusaha membatalkan hasil pemilu, menyebut invasi itu sebagai "pemberontakan yang gagal" dan berjanji bahwa "kami tidak akan tunduk pada pelanggaran hukum atau intimidasi."

“Kami kembali ke pos kami. Kami akan menjalankan tugas kami di bawah Konstitusi, dan untuk bangsa kami. Dan kami akan melakukannya malam ini,” katanya lagi.

Kemenangan Biden di Arizona

Setelah anggota parlemen melanjutkan perdebatan tentang upaya terakhir untuk membatalkan hasil pemilu, tidak jelas seberapa lama sidang akan berlangsung hingga larut malam.

Senat menolak dengan 93-6 suara dari Partai Republik yang keberatan dengan pengesahan kemenangan Biden di negara bagian Arizona, memastikan kekalahan mereka. Dewan Perwakilan Rakyat, yang dikendalikan oleh Demokrat, masih memperdebatkan keberatan Arizona, tetapi mayoritas dari kedua kamar perlu menyetujuinya.

Senator Republik, Kelly Loeffler, yang kalah dalam pemilihan ulangnya di salah satu dari dua putaran kedua di Georgia pada hari Selasa yang mengamankan kendali Demokrat dari Senat, mengatakan dia telah berencana untuk menolak pengesahan Biden, tetapi telah berubah pikiran setelah kejadian pada sore hari. "Dengan hati nurani saya tidak bisa menolak pengesahan para pemilih ini," katanya.

Jam Malam di Washington DC

Walikota Washington DC, Muriel Bowser, memerintahkan jam malam di seluruh kota mulai pukul 18.00 sore waktu setempat. Pasukan Garda Nasional, agen FBI, dan Dinas Rahasia AS dikerahkan untuk membantu polisi Capitol yang kewalahan. Pasukan penjaga dan polisi mendorong pengunjuk rasa menjauh dari Capitol setelah jam malam diberlakukan.

Itu adalah serangan paling merusak pada bangunan ikonik itu sejak tentara Inggris membakarnya pada tahun 1814, menurut US Capitol Historical Society.

Biden, seorang dari Partai Demokrat yang mengalahkan presiden Republik dalam pemilihan November dan akan menjabat pada 20 Januari, mengatakan aktivitas para pengunjuk rasa "bersebelahan dengan hasutan."

Mantan wakil presiden itu mengatakan bahwa bagi para demonstran yang menyerbu Capitol, menghancurkan jendela, menduduki kantor, menyerbu Kongres, dan mengancam keselamatan pejabat terpilih: "Ini bukan protes, ini pemberontakan."

Twitter Blokir Akun Trump, Facebook Hapus

Dalam sebuah video yang diposting ke Twitter saat para perusuh menjelajahi Capitol, Trump mengulangi klaim palsunya tentang penipuan pemilu, tetapi mendesak para pengunjuk rasa untuk pergi. “Anda harus pulang sekarang, kami harus menjaga kedamaian,” katanya, menambahkan: “Kami mencintaimu. Kamu sangat spesial."

Twitter Inc kemudian membatasi pengguna untuk me-retweet video Trump, dan Facebook Inc menghapusnya sepenuhnya, dengan alasan risiko kekerasan. Twitter mengatakan kemudian telah mengunci akun Trump selama 12 jam karena "pelanggaran berulang dan berat" dari aturan "integritas sipil" platform media sosial dan mengancam penutupan secara permanen.

Pejabat pemilihan dari kedua partai dan pengamat independen mengatakan tidak ada kecurangan yang signifikan dalam pemilihan 3 November, di mana Biden memenangkan tujuh juta suara lebih banyak daripada Trump.

Beberapa pekan telah berlalu sejak negara bagian menyelesaikan sertifikasi bahwa Biden menang di Electoral College, yang memutuskan pemilihan presiden, dengan suara 306-232. Tantangan Trump terhadap kemenangan Biden juga telah ditolak oleh pengadilan di seluruh negeri.

Trump telah menekan Pence untuk membuang hasil pemilu di negara bagian yang kalah tipis dengan presiden, meskipun Pence tidak memiliki wewenang untuk melakukannya. Pence mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia tidak dapat menerima atau menolak suara elektoral secara sepihak.

Kekacauan itu mengejutkan para pemimpin dunia. "Trump dan pendukungnya pada kahirnya harus menerima keputusan pemilih Amerika, dan berhenti menginjak-injak demokrasi," kata Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas.

Kelompok bisnis, yang biasanya merupakan sekutu setia Partai Republik di Washington, juga bereaksi keras. Asosiasi Produsen Nasional mengatakan Pence harus mempertimbangkan untuk menerapkan klausul dalam Konstitusi yang memungkinkan presiden dicopot dari jabatannya ketika dia tidak dapat melakukan pekerjaannya.

“Ini hasutan dan harus diperlakukan seperti itu,” kata presiden kelompok itu, Jay Timmons. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home