Google+
Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 13:23 WIB | Senin, 20 Januari 2020

Dua Bunga Rafflesia Mekar di Hutan Danau Maninjau

Seorang pengunjung berpose bersama bunga Rafflesia arnoldii yang sedang mekar di Jorong Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam. (Foto: Antara/BKSDA)

LUBUKBASUNG, SATUHARAPAN.COM – Dua bunga Rafflesia arnoldii mekar hampir bersamaan di kawasan hutan Danau Maninjau di Jorong Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam Ade Putra di Lubukbasung, Senin (20/1), mengatakan dua bunga Rafflesia yang sedang mekar berdekatan, hanya berjarak sekitar tiga meter satu sama lain.

Diameter bunga Rafflesia arnoldii yang sedang mekar sempurna tersebut, menurut dia, berturut-turut 97 cm dan 81 cm.

Warga dari daerah sekitar berdatangan untuk menyaksikan bunga langka yang keberadaannya dilindungi oleh undang-undang tersebut.

Berdasarkan laporan warga dan pemantauan petugas BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan, lokasi bunga mekar itu hanya 15 menit dari permukiman warga Data Aia Gadang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan.

Ia menambahkan, di Data Simpang Dingin ada dua titik sebaran populasi Rafflesia arnoldii yang berjarak sekitar seratus meter satu sama lain.

BKSDA telah memasang rambu penunjuk arah, papan informasi, dan papan larangan di jalur menuju habitat Rafflesia di daerah tersebut.

Sementara di seluruh wilayah Agam, menurut data BKSDA, pada akhir 2019 ada 13 titik populasi bunga Rafflesia.

Pada 1 Januari 2020, bunga Rafflesia tuan-mudae mekar di kawasan hutan Cagar Alam Maninjau di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan. Diameter bunga itu sampai 111 cm. (Ant)

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home