Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:12 WIB | Selasa, 03 April 2018

Dua Korea Berencana Pawai Bersama Asian Games

Atlet Korea Selatan dan Korea Utara berbaris bersama dengan bendera unifikasi di laga olimpiade musim dingin PyeongChang. (Foto: Samoa Observer)

KOREA, SATUHARAPAN.COM – Para menteri dari Korea Selatan dan Korea Utara setuju untuk mendorong delegasi Korea bersatu untuk pawai bersama dalam pembukaan Asian Games di Jakarta, Reuters melaporkan, mengutip Kantor Berita Yonhap.

Pada pertemuan di Pyongyang, Senin (2/4), Menteri Olahraga Korea Utara Kim Il-guk dan Menteri Olahraga Korea Selatan, Do Jong-whan, membahas kolaborasi olahraga di masa depan antara kedua negara, di tengah mencairnya ketegangan akibat ambisi nuklir Pyongyang.

Kedua negara berpawai dengan membawa bendera persatuan pada upacara penutupan dan pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang. Kedua menteri optimistik kemitraan yang sama bisa dilaksanakan untuk Asian Games pada Agustus-September nanti di Jakarta dan Palembang.

Mengutip Yonhap, kedua menteri akan memfinalisasi perincian setelah pertemuan puncak bersejarah antara kedua negara pada akhir April.

“Akan sangat baik bila kita bisa membahas dan mulai bekerja untuk kesepakatan tertentu setelah pertemuan puncak pada akhir April,” kata Do kepada para wartawan. “Saya berharap olahraga bisa membuka jalan rekonsiliasi anta-Korea.”

Delegasi Korea Selatan melawat ke Pyongyang pada Sabtu (31/3) dalam kunjungan balasan setelah Korea Utara mengirimkan para artis ke Olimpiade Musim Dingin di Korea.

Dua negara Korea yang bertetangga itu secara teknis masih berperang setelah konflik 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, bukan persetujuan damai. (voaindonesia.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home