Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 21:30 WIB | Rabu, 22 Februari 2017

Dukungan AS untuk NATO Tidak Akan Goyah

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan Letnan Jenderal H.R. McMaster (kiri) sebagai penasihat kemanan nasional dan Keith Kellogg (kanan) sebagai kepala staf McMaster di resort Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, 20 februari 2017. (Foto: AFP/Nicholas Kamm)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Duta Besar Amerika Serikat (AS), Nikki Haley, hari Selasa (21/2) mengatakan AS siap memperbaiki hubungan dengan Rusia, tapi tidak akan berkompromi soal dukungannya untuk NATO dan Uni Eropa.

Haley mengatakan, dalam diskusi dengan Dewan Keamanan mengenai konflik di Eropa bahwa “upaya Rusia untuk merusak stabilitas Ukraina” adalah salah satu tantangan paling serius yang dihadapi benua itu.

“Amerika Serikat berpendapat memiliki hubungan lebih baik dengan Rusia memungkinkan. Lagi pula, kita semua menghadapi ancaman yang sama,” kata Haley.

“Namun, kerja sama yang lebih besar dengan Rusia tidak bisa terwujud dengan mengorbankan keamanan rekan Eropa dan sekutu kami.”

Pernyataan itu disampaikan saat pemerintah Eropa meminta kepastian setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memuji keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa, mengkritik anggota NATO atas pembagian beban dan memuji Presiden Rusia Vladimir Putin.

Haley mengatakan, AS berkomitmen kepada “lembaga yang menjaga keamanan Eropa” dan bahwa dukungan pihaknya kepada NATO tidak akan goyah.

Amerika Serikat ingin mempererat kerja sama dalam NATO sambil “membuka pintu untuk sekutu baru,” katanya. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home