Google+
Loading...
HAM
Penulis: Sotyati 12:22 WIB | Selasa, 23 Januari 2018

Duta UNHCR Aktris Cate Blanchett Terima Crystal Award

Aktris asal Australia, Cate Blanchett, dalam kunjungan ke pusat pengungsi di Yordania, tahun 2016.(Foto: Dok sauharapan.com/The Guardian/UNHCR/Jordi Matas)

DAVOS, SATUHARAPAN.COM — Aktris asal Australia, Cate Blanchett, menerima Crystal Award, yang diserahkan sebagai bagian dari rangkaian Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, yang berlangsung pada 23-26 Januari ini.

Blanchett menerima penghargaan tersebut bersama dua bintang lain, yakni bintang Bollywood Shah Rukh Khan dan pemusik legendaris Elton John. Penghargaan khusus itu diberikan kepada mereka atas upaya menjembatani dan memainkan peran penting memulihkan kondisi dunia.

Penghargaan Crystal Award diserahkan pada malam pembukaan Pertemuan Tahunan ke-48 Forum Ekonomi Dunia pada hari Senin (22/1). Kali ini, tema yang dicanangkan, “Menciptakan Masa Depan Bersama di Dunia yang Terpecah.”

Cate Blanchett, yang ditunjuk menjadi Duta Besar Persahabatan UNHCR pada tahun 2016, menerima Crystal Award karena komitmennya menyuarakan kesadaran, memperjuangkan, dan mengumpulkan dana bagi pengungsi. Ia mewujudkan komitmennya dengan menemui langsung pengungsi di Lebanon, Yordania, dan tanah airnya Australia, untuk meningkatkan perhatian pada isu kemanusiaan itu.

Aktris pemenang Oscar ini mengemban tugas UNHCR, yang sebelumnya diemban bintang film AS Angelina Jolie.

Ia mengaku bangga dapat menerima peran itu, dan menekankan bahwa tidak pernah ada waktu yang lebih penting lagi untuk mendukung pengungsi dan menunjukkan solidaritas. Di tengah krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, menurut Blanchett dalam percakapan dengan AFP, harus ada tanggung jawab bersama di seluruh dunia.

Sebelum penunjukan itu, Blanchett telah bekerja sama dengan UNHCR selama lebih dari satu tahun, untuk meningkatkan kesadaran pengungsi. Pada 2015, ia pergi ke Lebanon untuk bertemu pengungsi Suriah dan mendengar tentang pengalaman orang-orang tanpa kewarganegaraan sebagai bagian dari dukungannya untuk Kampanye #IBelong UNHCR.

Elton John dan Shah Rukh Khan

Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia selama empat hari ini akan dipimpin oleh tujuh perempuan, termasuk di antaranya pendiri dan ketua Mann Deshi Foundation Chetna Sinha, Direktur IMF Christine Lagarde, dan Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg.

Ketua dan sekaligus salah seorang penggagas World Arts Forum dalam pertemuan itu, Hilde Schwab, seperti dilansir voaindonesia.com, mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan tahunan ke-24 itu. Hilde Schwab menyebut ketiganya menunjukkan komitmen serius menegakkan nilai-nilai kemanusiaan dan mengilhami banyak pihak untuk terus berjuang dalam masa-masa sulit ini.

Sir Elton John menerima Crystal Awards atas upayanya memimpin Elton John AIDS Foundation EJAF, yang berhasil mengumpulkan lebih dari 400 juta dana untuk mendukung ratusan program pencegahan/pelayanan dan advokasi HIV/AIDS di seluruh dunia. Elton John yang memiliki 35 album Gold dan 25 album Platinum, telah menjual lebih dari 250 juta kopi album.

Pada tahun 1998 Ratu Inggris Elizabeth II menganugerahkan Sir Elton John dengan gelar “Commander of the Order of the British Empire” atas jasa-jasanya pada dunia musik dan pelayanan kasihnya. Baru-baru ini Elton John juga menerima penghargaan kemanusiaan Peter J Gomes Humanitarian Awards dari Harvard Foundation.

Sementara bintang Bollywood, Shah Rukh Khan, salah seorang aktor paling terkenal yang merajai industri film dan televisi India selama lebih dari 30 tahun, menerima penghargaan bergengsi Crystal Awards karena perannya mendukung perempuan korban serangan air keras.

Lewat LSM yang didirikannya, Meer Foundation, seperti dilansir voaindonesia.com, Shah Rukh Khan memfasilitasi korban luka-luka akibat serangan air keras untuk mendapat perawatan medis, mengajukan gugatan hukum, melakukan pelatihan peningkatan kesadaran pada perempuan dan laki-laki, merehabilitasi korban dan menciptakan program-program mendukung kehidupan korban di masa depan. Ia juga mendirikan beberapa ruang dan layanan khusus bagi anak-anak yang sedang menjalani perawatan kanker di rumah sakit.

Editor : Sotyati

Back to Home