Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 02:17 WIB | Kamis, 19 Oktober 2017

DWP Bakamla Tingkatkan Kapabilitas Perempuan dengan Bercocok Tanam

DWP Bakamla RI mendapat penjelasan tentang hidroponik. (Foto: Humas Bakamla RI)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM - Dharma Wanita Persatuan Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia yang dipimpin oleh Tati Ari Soedewo istri Kepala Bakamla Laksdya Ari Soedewo melakukan kegiatan peningkatan kapabilitas perempuan di lingkungan Bakamla RI.

Kali ini kegiatan yang dilakukan seputar bercocok tanam dengan metode hidroponik di PT Astra Komponen Indonesia (ASKI), Citeureup, Bogor pada Rabu (18/10).

Rombongan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bakamla RI yang berjumlan 19 orang mengawali kegiatan dengan mendapat pengarahan singkat mengenai dasar-dasar untuk memulai bercocok tanam dengan metode hidroponik.

Pada dasarnya, hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Selain itu, hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, sehingga cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Media tanam pengganti tanah yang dapat digunakan seperti arang sekam, spons, baru apung, pasir, kerikil dan serbuk kayu. Keuntungan yang sangat utama dari bercocok tanam secara hidroponik adalah tidak memerlukan tanah, atau dalam hal ini tidak membutuhkan lahan yang luas.

Tanaman dapat ditanam menggunakan kotak atau baki yang dapat diletakkan di rak susun. Selain itu, media tanam dapat digunakan berulang kali dan tanaman relatif bebas dari hama.

Hidroponik sangat mudah untuk dilakukan, sehingga dapat diterapkan pada penyediaan tanaman obat atau sebagai tanaman produksi pangan sederhana di rumah. Tujuan yang lebih besar adalah untuk menjadikan bumi lebih hijau dan lebih sehat.

Rombongan DWP Bakamla RI sangat antusias mengikuti kegiatan simulasi hidroponik dan berencana untuk menerapkannya di rumah dan juga di kantor Bakamla RI.  (PR)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home