Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 11:16 WIB | Senin, 30 Desember 2019

Edisi Langka King James Bible Dipamerkan di King Faisal Center Riyadh

Edisi Langka King James Bible Dipamerkan di King Faisal Center Riyadh
Edisi Kitab Suci Kristen yang diterbitkan Robert Barker pada abad ke-17. Karya ini terkenal karena penjilidannya yang dekoratif, menggunakan sampul kulit anak sapi dengan pelat dan jepitan kuningan. (Foto-foto: Arab News)
Edisi Langka King James Bible Dipamerkan di King Faisal Center Riyadh
Edisi awal, seperti yang dipinjamkan ke KFCRIS, juga berisi peta, silsilah, dan tabel mazmur.

DUBAI, SATUHARAPAN.COM – Edisi pertama Kitab Suci King James, yang diterbitkan pada tahun 1611, akan dipamerkan di Pusat Penelitian dan Studi Islam (KFCRIS) King Faisal, Riyadh. Teks langka itu, seperti diberitakan Arab News, diterima dengan status pinjaman dari seorang kolektor swasta Saudi.

Edisi Kitab Suci Kristen yang bersampul kulit itu diterbitkan oleh Robert Barker, sebuah percetakan untuk Raja James I dari Inggris, pada abad ke-17. Kitab Suci ini dikenal sebagai “He” Bible, karena kesalahan pencetakan pada salah satu halaman, di mana tertulis pada frasa “dan dia (‘he’, laki-laki) pergi ke kota”, padahal yang seharusnya, “dia (‘she’, perempuan) pergi…”.

Para ahli mengatakan, kesalahan kecil itu membuat salinan lebih berharga karena kelangkaannya, sementara buku ini juga terkenal karena penjilidannya yang dekoratif, serta penggunaan sampul kulit anak sapi dengan pelat kuningan dan gesper.

Salinan Kitab Suci akan dipamerkan di KFCRIS pada awal 2020 bersamaan dengan koleksi salinan cetak Alquran, dalam sebuah pameran yang akan mengeksplorasi bagaimana teknologi cetak awal memengaruhi studi agama.

Kitab Suci Versi King James dicetak atas perintah Raja James I pada 1604, hanya setahun setelah naik takhta. Ini adalah terjemahan Kitab Suci pertama yang disetujui secara resmi dari bahasa Latin ke bahasa Inggris umum, yang menyebabkan kontroversi pada saat itu.

Maju cepat empat abad kemudian dan teksnya telah menjadi Alkitab standar yang menyatukan gereja berbahasa Inggris. Kitab Suci itudirevisi sekali pada tahun 1769, dan sebagian besar tetap tidak berubah sejak saat itu.

Edisi awal, seperti yang dipinjamkan ke KFCRIS, juga berisi peta, silsilah, dan tabel mazmur yang tidak lagi ada dalam edisi modern.

Terjemahan Kitab Suci ini mengilhami karya-karya seni dan puisi yang tak terhitung jumlahnya. Di antaranya, mengilhami tokoh-tokoh terkenal seperti komposer George Frideric Handel, penulis Ernest Hemingway, dan tokoh-tokoh politik yang hebat seperti Martin Luther King Jr.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home