Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:46 WIB | Jumat, 01 November 2013

Edward Snowden Siap Bersaksi Tentang Penyadapan Telepon Merkel

Kanselir Jerman, Angela Merkel; protes atas penyadapan teleponnya oleh intelijen AS. (Foto: dw,de)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Buronan pembocor informasi intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, menyatakan  siap untuk bersaksi tentang program AS memata-matai Kanselir Jerman, Angela Merkel.

Hal itu dikatakan seorang anggota parlemen Jerman, Kamis (31/10) setelah pertemuan di Moskow dengan mantan karyawan  Badan Keamanan Nasional (National Security Agency / NSA)  AS itu.

Hans-Christian Strobele, seorang wakil dari Partai Hijau di Bundestag Jerman, mengatakan kepada penyiar ARD bahwa Snowden menyatakan siap untuk membantu penyelidikan dalam tuduhan spionase.

Strobele mengatakan bahwa dia dan Snowden telah membahas masalah ini secara rinci, dan Snowden jelas menyampaikan bahwa "dia tahu banyak."

Sebuah laporan terbaru di media Jerman Der Spiegel mengklaim bahwa NSA menyadap telepon seluler Merkel selama lebih dari 10 tahun. Sementara, kantor Kejaksaan Federal Jerman pekan lalu mengumumkan bahwa mereka mungkin akan memanggil Snowden sebagai saksi.

Menurut bocoran file pemerintah AS yang dikutip oleh Der Spiegel disebutkan bahwa sebuah stasiun untuk mendengarkan percakapan telepon yang berbasis di Kedutaan Besar AS di Berlin bertanggung jawab untuk memantau komunikasi Merkel.

Der Spiegel mengatakan Merkel menyebut Presiden AS, Barack Obama, untuk meminta penjelasan segera setelah dia mendengar tentang tuduhan itu. Dan pemimpin AS itu meminta maaf kepada Merkel, tetapi mengatakan dia tidak tahu tentang kegiatan mata-mata  tersebut. (ria.ru)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home