Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:23 WIB | Rabu, 05 Februari 2020

EMA Percepat Pengembangan Vaksin dan Obat Lawan Virus Corona

Ilustrasi. Para ilmuwan berkejaran dengan waktu untuk menemukan vaksin bagi virus corona baru. (Foto: Market Watch)

AMSTERDAM, SATUHARAPAN.COM – Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) menyatakan sedang melakukan sejumlah upaya mempercepat pengembangan vaksin dan pengobatan untuk memerangi virus corona baru, yang menelan lebih dari 400 korban jiwa.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus seperti flu tersebut sebagai darurat global. Para ahli pun menyebutkan masih menjadi misteri terkait virus corona, seperti jumlah korban meninggal dan cara penularan.

“EMA siap mendukung pengembangan obat-obatan dengan seluruh perangkat regulasi yang ada guna meningkatkan sekaligus mempercepat pengembangan langkah efektif untuk melawan dan mencegah penyebaran virus ini,” kata badan tersebut.

Pihaknya menuturkan sedang mencari antivirus atau vaksin potensial untuk menyembuhkan atau mencegah wabah virus tersebut. Pihaknya juga sedang menganalisis semua informasi yang ada terkait penemuan berbagai obat dari para pengembang.

Produsen farmasi Inggris GlaxoSmithKline (GSK) mengatakan sedang bekerja sama dengan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Wabah (CEPI) sebagai upaya mengembangkan sebuah vaksin.

“EMA menggiatkan rencananya untuk menghadapi ancaman kesehatan yang ada,” kata Direktur Eksekutif EMA, Guido Rasi, menambahkan bahwa badan tersebut akan memberikan imbauan ilmiah jalur cepat dan umpan balik dari setiap pengembangan obat yang diusulkan. (Reuters/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home