Loading...
INSPIRASI
Penulis: Rompu Silalahi 01:00 WIB | Rabu, 17 Desember 2014

Evaluasi Diri

Dengan hati terbuka hendaklah kita mau mendengarkan evaluasi diri kita.
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Tahun ini sebentar lagi akan berakhir, berganti dengan yang baru.   Tidak terasa kita sudah melewati hari-hari yang panjang.  Berbagai peristiwa juga telah kita alami dengan segala suka dukanya dan atas semuanya itu pantaslah kita bersyukur untuk kasih setia-Nya.

Biasanya menjelang tahun baru orang kembali membuat resolusi-resolusi akan apa yang ingin dicapainya.  Dari hal-hal yang kedengarannya tidak penting sampai yang serius dan menentukan.  Ada banyak rencana yang dibuat untuk kehidupan yang lebih baik.  Tetapi selain semua itu, kita sering lupa untuk hal yang lebih penting lagi yaitu mengevaluasi diri sendiri akan apa yang sudah kita lakukan.

Mengapa harus melakukan evaluasi?

Seperti halnya pembelajar yang dievaluasi setiap waktu tertentu untuk mengetahui seberapa banyak penguasaan akan materi yang diberikan—sehingga dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi—kita juga perlu mengevaluasi hidup kita untuk dapat naik ke tingkat berikutnya.

Memang tak mudah mengevaluasi diri sendiri.  Sebaliknya, lebih mudah mengevaluasi orang lain. Mungkin naturnya seperti itu.  Oleh karena itu, ada baiknya kita minta orang lain, sahabat atau pasangan hidup kita untuk memberikan evaluasi.

Dengan hati terbuka hendaklah kita mau mendengarkan evaluasi diri kita.  Apakah hasilnya sudah baik seperti yang kita harapkan, atau sebaliknya sangat jelek dan memalukan, akan menjadi masukan yang sangat penting untuk kita mau berubah dan meninggalkan hal-hal buruk.  Dengan demikian kita menjadi tahu siapa dan bagaimana kita sesungguhnya.  

Sediakanlah waktu untuk merenungkannya dengan tenang dan memohon pertolongan-Nya sehingga kita dimampukan untuk mempersembahkan hidup yang menyenangkan Sang Pencipta.

Semoga.

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home