Google+
Loading...
MEDIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:24 WIB | Jumat, 28 April 2017

Facebook Perangi Propaganda Pemerintah

Ilustrasi. Gambar jejaring sosial Facebook. (Foto: Dok. satuharapan.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Facebook, hari Kamis (27/4), mengatakan pihaknya meningkatkan keamanan guna melawan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak lain untuk menyebarkan informasi palsu atau memanipulasi diskusi untuk alasan politik.

Upaya baru tersebut memperluas upaya keamanan yang dilakukan Facebook di luar “serangan” seperti peretasan dan penipuan finansial ke “bentuk penyalahgunaan yang lebih halus dan berbahaya, termasuk upaya memanipulasi wacana sipil dan menipu orang,” menurut laporan yang dirilis oleh jejaring sosial terkemuka di dunia itu.

Inisiatif tersebut merupakan bagian dari upaya Facebook untuk menghilangkan “berita palsu” dan melawan upaya pemerintah serta lembaga nonpemerintah dalam memanfaatkan jejaring sosial itu untuk memanipulasi opini publik.

Dengan upaya baru tersebut, Facebook akan menggunakan tim keamanan mereka untuk menargetkan “operasi informasi” yang ditujukan untuk “mendistorsi sentimen politik domestik dan asing,” ungkap dokumen tersebut.

Facebook mengatakan, pihaknya akan berfokus pada tiga area dalam upaya tersebut: “pengumpulan data yang ditargetkan” untuk menemukan dan melawan pembangkang; “pembuatan konten” atau berita palsu yang tersebar melalui jejaring sosial; dan “amplifikasi palsu,” atau menggunakan sarana buatan untuk mempromosikan atau merendahkan sebuah kelompok tertentu.(AFP)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home